Apa yang dimaksud dengan Probalility & Impact Matrix dalam Qualitative Risk Analysis?

Dalam Qualitative Risk Analysis ada yang disebut dengan probability and impact matrix. Apakah yang dimaksud dengan probability and impact matrix?

Probability & Impact matrix dalam Qualitative Risk Analysis menghasilkan kemungkinan dari risiko (probability) yang terjadi pada satu sisi matrix pada grafik dan kemungkinan dampak (impact) yang terjadi pada sisi matrix lainnya. Cara menggunakan pendekatan ini dengan mendaftarkan risiko yang mungkin terjadi, lalu tiap risiko diberikan label yang mewakili tingkatan dampak dari risiko dan probabilitas kejadiannya, yang berupa high, medium, ataupun low. Setelah itu project manager merangkum hasil yang didapat dalam probability & impact matrix.

Pada matrix tersebut terdapat sumbu probability dan sumbu impact. Sumbu probability mewakili kemungkinan risiko yang dapat terjadi pada suatu proyek. Sedangkan untuk sumbu impact mewakili ukuran dampak risiko yang terjadi dapat berupa budget atau faktor kritis lainnya.

Tim proyek akan mendapatkan keuntungan dari teknik ini, sebab teknik ini dapat membantu mereka mengidentifikasi apa yang perlu diperhatikan dari proyek tersebut.

Referensi :