Apa yang dimaksud dengan Polip Pulpa?

image

Pulpa adalah jaringan lunak yang terletak di bagian tengah gigi. Pulpa memiliki empat fungsi yaitu membentuk dentin, mensuplai nutrisi, mempertahankan gigi, serta sebagai persarafan dan sensori.

Polip Pulpa adalah suatu kelainan di mana terjadi pembesaran pada pulpa gigi (bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel pembentuk gigi) karena bertambahnya jumlah sel pada jaringan tersebut sebagai reaksi dari peradangan menahun, dan biasanya terjadi pada gigi yang sarafnya sudah mati. Pada polip gigi, pertumbuhan jaringan bersifat menetap dan tidak dapat mengecil kembali meskipun peradangan sudah diatasi. Penampakan polip pulpa seringkali menyerupai penyakit kanker pada gusi dan jaringan penyangga gigi(periodontium).

Polip pulpa disebabkan oleh iritasi dan infeksi bakteri pada pulpa gigi yang terbuka akibat kerusakan pada mahkota gigi, misalnya pada gigi berlubang atau cedera. Paparan bakteri, makanan dan zat lain yang terdapat di rongga mulut terhadap pulpa dapat menyebabkan munculnya reaksi peradangan menahun (kronis), yang kemudian menyebabkan pertumbuhan jaringan dan membentuk polip.Pada orang yang rutin melakukan pemeriksaan gigi secara berkala, polip pulpa dapat dideteksi secepatnya. Polip pulpa umumnya bersifat asimptomatik (tidak menimbulkan gejala) dan tidak mengakibakan kematian pada penderita.

Akan tetapi, polip pulpa dapat menyebabkan kerusakan gigi secara luas dan tanggalnya gigi secara prematur. Polip pulpa sering kali terjadi pada anak-anak atau remaja, dan dapat terjadi pada gigi susu maupun gigi tetap.

Sumber : www.alodokter.com