Apa yang dimaksud dengan platform-independent language dalam pemrograman java?

Java adalah satu set spesifikasi dan set perangkat lunak komputer yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang kemudian di akuisisi oleh Oracle. Manfaatnya adalah untuk menyediakan sistem pengembangan aplikasi cross-platform yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi.

Java adalah platform-independent language, apakah maksud dari platform-independent language tersebut?

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dapat dijalankan (Run) pada segala jenis sistem operasi (OS) karena perkembangan Java ini tiak hanya terfokus pada satu sistem operasi saja tetapi dikembangkan untuk segala macam jenis sistem operasi dan bersifat open source, Java juga merupakan Development Environment dimana Java berperan sebagai sebuah peralatan pembangun yang menyediakan banyak tools yakni: Cimpiler,Interpreter,penyusun dokumentasi, paket kelas dan lain sebagainya. selain itu Java juga merupakan aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment.

Platform-independent languange dalam rekayasa perangkat lunak adalah model sistem perangkat lunak atau sistem bisnis, yang tidak bergantung pada platform teknologi spesifik yang digunakan untuk menerapkannya. Juga sering digunakan dalam konteks pendekatan arsitektur berbasis model. Pendekatan arsitektur berbasis model ini sesuai dengan visi Object Management Group tentang rekayasa berbasis model. Ide utamanya adalah bahwa dimungkinkan untuk menggunakan bahasa transformasi model untuk mengubah model platform-independen menjadi model khusus platform.

Untuk mencapai transformasi ini, seseorang dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan standar QVT yang baru ditetapkan. Contoh bahasa tersebut adalah VIATRA atau ATLAS Transformation Language. Artinya eksekusi program tidak dibatasi oleh jenis sistem operasi yang digunakan.

Sebuah program Java dapat dikompilasi sekali ke dalam program Java Bytecode. Program ini disusun kemudian dapat berjalan pada komputer yang memiliki interpreter untuk mesin virtual Java. Bahasa lainnya harus dikompilasi ulang untuk setiap platform di mana mereka akan berjalan. Dan Java dapat dijalankan pada berbagai jenis komputer tanpa diulang lagi / recompiled.