Apa yang dimaksud dengan Perputaran aktiva tetap atau Fixed Assets Turnover?

Perputaran aktiva tetap

Perputaran aktiva tetap adalah posisi aktiva Tetap dan taksiran waktu perputaran aktiva tetap dapat dinilai dengan menghitung tingkat perputaran aktiva tetap yaitu, dengan membagi penjualan dengan total aktiva tetap bersih. Beams ( 2000)

Apa yang dimaksud dengan Perputaran aktiva tetap atau Fixed Assets Turnover ?

Rasio perputaran aktiva tetap digunakan oleh manajemen perusahaan untuk mengukur efisiensi penggunaan aktiva tetap dalam menunjang kegiatan penjualan perusahaan. merupakan rasio antara jumlah aktiva yang digunakan dalam operasi (operating assets) terhadap jumlah penjualan yang diperoleh selama periode tertentu, perputaran aktiva tetap merupakan ukuran tentang sampai seberapa jauh aktiva ini telah dipergunakan didalam kegiatan perusahaan atau menunjukan berapa kali operating assets berputar dalam suatu periode tertentu.

Berikut ini adalah definisi perputaran aktiva tetap (fixed assets turnover) menurut beberapa ahli,

Perputaran aktiva tetap (fixed assets turn over) yaitu rasio antara penjualan dengan aktiva tetap.” Munawir (2004)

Perputaran aktiva tetap adalah rasio yang mengukur seberapa efektif perusahaan menggunakan aktiva tetapnya.” Dewi Astuti (2004)

Perputaran aktiva tetap adalah rasio yang mengukur efektifitas penggunaan dana yang tertanam pada harta tetap seperti pabrik dan peralatan dalam rangka menghasilkan penjualan. Agnes Sawir (2003)

Berdasarkan keterangan diatas, maka yang dimaksud dengan perputaran aktiva tetap (fixed assets turnover) adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan penjualan berdasarkan aktiva tetap yang dimiliki perusahaan.

Semakin tinggi perputaran aktiva tetap (fixed assets turnover) berarti semakin efektif penggunaan aktiva tersebut, dan sebaliknya jika perputaran aktiva tetap (fixed assets turnover) menurun maka aktiva tetap yang digunakan kurang efektif atau banyak yang menganggur.

Menurut Eugene F. Brigham, perputaran aktiva tetap dapat dirumuskan sebagai berikut:

Rasio perputaran aktiva tetap = Penjualan / Aktiva tetap

Rasio ini berguna untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan menggunakan aktivanya secara efektif untuk meningkatkan pendapatan, jika perputarannya lambat (rendah) kemungkinan terdapat kapasitas terlalu besar atau ada banyak aktiva tetap, namun kurang bermanfaat.