Apa yang dimaksud dengan Penyesuaian Oklusi (_Occusal adjustment_)?

Penyesuaian Oklusi (Occusal adjustment) adalah suatu usaha untuk mencapai pembagian merata dari tekanan oklusal.

Apa yang dimaksud dengan Penyesuaian Oklusi (Occusal adjustment) ?

Penyesuaian oklusi perlu dilakukan pada lesi abfraksi dengan faset agar korsentrasi tekanan tensile di leher gigi berkurang. Penyesuaian oklusi dilakukan pada daerah oklusal gigi yang ditandai oleh adanya faset yang mengalami atrisi karena pemakaian yang normal maupun abnormal.

Permukaan gigi yang mengalami faset biasanya rata, halus dan mengkilap apabila terkena cahaya. Penyesuaian oklusi gigi posterior diiakukan dalam posisi oklusi sentrik dan gerak lateral pada sisi kerja. Faset diasah dengan hanya menyisakan kontak titik.

Penyesuaian oklusi memerlukan persrapan antara Iain, cetakan gigi untuk menganalisis permukaan oklusal yang memerlukan pembentukan kembali dan kertas artikulasi untuk memberi tanda pada gigi yang akan diasah.

Pasien juga perlu diminta persetujuannva serta diberi penjelasan mengenai kontak oklusal yang akan selalu mengalami perubahan karena penggunaan gigi sehingga perlunya dilakukan penyesuaian oklusi kembali apabila diperlukan.

Maksud dan tujuan dilakukannya penyesuaian oklusi antara lain :

  1. Untuk dapat mencapai hasil perawatan ortodontik dengan hubungan oklusal yang harmonis dari sudut fungsional.

  2. Untuk mencegah terjadinya relaps.

  3. Untuk mencegah terjadinya prematur kontak

Sebab-sebab diadakannya penyesuaian oklusi adalah karena adanya prematur kontak yang disebabkan oleh perawatan ortodontik dapat mempengaruhi stabilitas gigi, jaringan periodontal, tulang alveolar dan otot-otot pengunyahan.