Apa yang dimaksud dengan Pasar Monopsoni?

image

Pasar Monopsoni adalah pasar dengan situasi hanya ada satu pembeli barang atau jasa dan banyak pemasok, sehingga pembeli jelas dapat mengontrol harga yang dia bayarkan.

Referensi

Black, A.C. (2006). Dictionary of Economics Over 3,000 Terms Clearly Defined. London:A & C Black Publishers Ltd

Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh suatu orang/badan/lembaga pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.

Pasar monopsoni adalah keadaan di mana satu pelaku usaha/ pembeli menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas. Pasar monopsoni timbul karena pengkhususan sumber untuk digunakan oleh pemakai tertentu dan imobilitas sumber yang digunakan dalam suatu daerah tertentu oleh perusahaan tertentu.

Ciri-ciri pasar monopsoni antara lain sebagai berikut:

  • Hanya ada satu pembeli.
  • Pembeli bukan konsumen, tetapi pedagang/ produsen.
  • Barang yang dijual berupa bahan mentah.
  • Harga sangat ditentukan oleh pembeli.

referensi: https://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-pasar-monopsoni.html

Monopsoni, adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .