Apa yang dimaksud dengan paragraf ekpositoris?

image

Dalam menulis sebuah paragraf, penulis dapat menggunakan berbagai teknik. Salah satunya adalah penulis dapat menggunakan teknik paragraf ekspositoris. Namun, apa yang dimaksud dengan paragraf ekspositoris?

Paragraf ini merupakan paragraf yang berisi pembahasan suatu tema atau topik yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Contoh dari paragraf ekspositoris

Pendidikan terbagi atas tiga jalur, yatiu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang tersistematis dan berjenjang. Sementara itu, pendidikan nonformal adalah pendidikan di luar pendidikan formal yang tersistematis juga berjenjang. Hasil dari pendidikan informal dapat dihargai setara dengan pendidikan formal jika lembaga pendidikan nonformal telah mengikuti proses penilaian kesetaraan yang dilakukan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah. Pendidikan informal adalah pendidikan yang berada di lingkungan masyarakat dan keluarga. Seperti halnya pendidikan informal, hasil pendidikan informal juga bisa dihargai setara dengan pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan yang dilakukan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah.

Sumber