Apa yang dimaksud dengan Pansexual?

Mungkin selama ini beberapa di antara kita hanya lebih sering mendengar heteroseksual dan homoseksual. Namun, ternyata orientasi seksual memiliki spektrum yang sangat luas, seperti panseksual yang mungkin tidak terlalu “sepopuler” biseksual. Panseksual (pansexual) adalah jenis orientasi seksual yang tidak terbatas dan unik.

Menurut sosiolog Emily Lenning, dikutip dari Psychology Today, pengertian panksesual (pansexual) adalah ketertarikan seksual terhadap seseorang, terlepas dari jenis kelamin, gender, maupun orientasi seksualnya. Seorang panseksual tertarik pada orang lain sebagai individu, mungkin dari dengan kepribadian atau karakter orangnya, tanpa mempertimbangkan orientasi seksual dan gendernya.

  1. Ciri-ciri Pansexual
    Panseksual adalah orientasi seksual yang cukup baru bagi banyak orang. Secara statistik, tidak banyak orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai panseksual. Melansir data dari Human Rights Campaign, pada tahun 2017 diketahui terdapat 14% orang yang mengakui dirinya adalah panseksual.

Sama halnya dengan orientasi seksual lainnya, panseksualitas tidak menunjukkan ciri-ciri fisik apa pun. Cara utama yang bisa dilakukan untuk mengetahui kita seorang panseksual adalah dengan mencari tahu apakah kita tertarik, baik secara seksual maupun romantis, dengan siapa saja. Jadi, tanpa memedulikan jenis kelamin, gender, dan orientasi seksualnya, kita bisa memiliki ketertarikan dengan siapa pun. Ketertarikan seksual tersebut semestinya berasal dari dalam diri kita, bukan karena unsur paksaan atau tuntutan sosial dari lingkungan pertemanan.

  1. Perbedaan Pansexual dan Bisexual
    Panseksual adalah orientasi seksual yang sering disalah artikan sebagai biseksual. Kita memang bisa terkecoh dengan pengertian kedua orientasi seksual ini, tetapi panseksual berbeda dari biseksual. Jika kita berpikir kedua orientasi seksual ini bisa dibedakan dengan mudah karena biseksual merujuk ketertarikan terhadap dua gender yakni laki-laki dan perempuan, hal ini sebenarnya kurang tepat.

Seorang biseksual umumnya tertarik pada lebih dari satu gender, misalnya laki-laki dan perempuan ataupun pada laki-laki, perempuan, dan nonbiner atau genderqueer (berada di antara atau di luar dua gender dominan). Sementara, panseksual merujuk pada ketertarikan seksual dengan seluruh gender, bukan hanya lebih dari satu gender sebagaimana biseksual. Oleh karena itu, seorang panseksual mampu merasakan ketertarikan seksual dan romantis pada setiap identitas dalam spektrum gender.

Referensi

https://hellosehat.com/seks/tips-seks/panseksual/

Secara harfiah, kata awal “pan“ pada panseksual berarti “semua”. Jadi, panseksual adalah istilah untuk menggambarkan seseorang yang bisa tertarik secara seksual maupun emosional kepada semua gender. Biasanya, seorang panseksual bisa tertarik atau jatuh cinta kepada orang lain tanpa memandang jenis kelamin biologis atau orientasi seksual mereka, melainkan berdasarkan kepribadian, kemampuan, atau penampilan fisiknya.

Jadi, seseorang bisa dikatakan panseksual apabila:

  • Seorang wanita tertarik pada pria yang memiliki kepiawaian dalam berbicara di depan umum, tapi kemudian juga bisa tertarik dengan wanita, transgender, dan bigender yang memiliki kemampuan yang sama.
  • Seorang pria tertarik pada wanita yang berwajah cantik dan berambut panjang, tapi kemudian juga bisa tertarik dengan seorang transgender yang juga cantik dan berambut panjang, atau pria yang wajahnya tampak feminin.