Apa yang dimaksud dengan pahala?

pahala

Sering kita mendengar kata pahala dalam beribadah. tapi apakah yang dimaksud dengan pahala itu sendiri? Apakah ada pengertian khusus tentang pahala?

Pahala dari bahasa sanskerta berasal dari kata phala yang artinya adalah buah, suatu bentuk penghargaan (rewards) atau hadiah karena kelakuan baik. Pahala adalah ganjaran baik disisi Tuhan atas setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh makluk-Nya.

Dalam pandangan Islam, pahala merupakan ganjaran untuk hamba Allah SWT yang mengerjakan amalan sholeh dan mengerjakan perkara-perkara ma’ruf. Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal sholeh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya.

Perkara ma’ruf seperti shalat, puasa, zakat, bersedekah, membantu sesama dalam kebaikan dll, Allah akan memberikan pahala yang sempurna.

Satu kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas, atas kehendak Allah menjadi berlipat ganda pahala.

Perumpamaan pahala serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh hingga lebih bulir, setiap bulir berisi seratus biji. Allah melipatgandakan pahala bagi siapa yang dikehendaki.

Pahala menjadi tolak ukur makhluk Allah SWT apakah masuk surga atau neraka.
Pahala adalah rahasia Allah, Kita tidak bisa mengetahui seberapa besar pahala kita. Kewajiban kita hanyalah beriman (meyakini) dan bertakwa (menjalankan perintah dan menjauhi larangan) untuk meraih surgaNya

Sumber : http://akubersujud.blogspot.co.id/2013/07/apa-sih-pahala-itu.html