Apa yang dimaksud dengan Organisational Process Assets pada Quantitative Risk Analysis?

Quantitative Risk Analysis adalah sebuah proses yang secara numerik menganalisis dampak dari risiko yang telah teridentifikasi terhadap tujuan projek secara keseluruhan. Salah satu inputnya adalah Organisational Process Assets.

Lalu apa yang dimaksud dengan Organisational Process Assets pada Quantitative Risk Analysis?

Quantitative Risk Analysis adalah bagian dari manajemen risiko. Analisis kuantitatif ini memiliki beberapa input. Salah satu inputnya adalah Organizational Process Assets. Organizational Process Assets terdiri dari template risiko, prosedur atau panduan kebijakan, pelajaran yang didapat dari proyek sebelumnya atau sejenisnya, serta setiap alat risiko kuantitatif. PMBOK menggambarkannya sebagai “rencana, proses, kebijakan, prosedur, dan pengetahuan dasar khusus yang digunakan oleh organisasi yang sedang berjalan”.

analisis risiko kuantitatif

Organizational Process Assets dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu process and procedure, dan corporate knowledge base. Process and procedure mencakup hal-hal seperti kebijakan, template dokumen, prosedur pengendalian keuangan, dan pelacakan item tindakan. Corporate knowledge base dapat mencakup hal-hal seperti informasi historis, pembelajaran, berbagai konfigurasi, permasalahan database, file proyek dari proyek sebelumnya. Aset proses organisasi dapat berasal dari pekerjaan maupun proyek. Salah satu sumber yang baik untuk aset yang relevan dengan proyek adalah PMO.

Sumber:

1 Like