Apa yang dimaksud dengan Naluri?

Arti naluri dalam etologi adalah pola perilaku kompleks yang mencakup seluruh spesies dan spesies yang spesifik dengan nilai kelangsungan hidup yang jelas dalam lingkungan adaptasi evolusioner yang muncul dalam bentuk yang diubah atau dibungkam bahkan ketika peluang normal untuk ekspresinya tidak ada.

Arti dalam teori psikoanalitik, Eros, atau seksualitas, dan Thanatos yakni keinginan mati. Arti lainnya yakni setiap motivasi atau pola perilaku yang dianggap bawaan.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology

Pengertian naluri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah dorongan hati atau nafsu yang dibawah sejak lahir, dan bisa juga diartikan sebagai pembawaan alami yang tidak disadari yang mendorong individu untuk berbuat sesuatu.

Istilah lain dari naluri adalah insting.

Menurut Sigmund Freud (2009) naluri yang ada dalam diri manusia dapat dibedakan menjadi dua. Pertama adalah naluri kehidupan, kedua naluri kematian.

  • Naluri kehidupan adalah naluri yang ditujukan untuk pemenuhan Ego. Naluri kehidupan ini dimanifestasikan dalam perilaku seksual, dan segala tindakan yang menjaga kelangsungan kehidupan individu serta pertumbuhan.

  • Naluri kematian adalah naluri yang mendasari pada tindakan agresif destruktif. Nuluri kematian dapat menjurus pada perusakan diri sendiri dan melakukan hal bunuh diri atau bersifat agresif terhadap orang lain.

Referensi : Freud, Sigmund. 2009. A General Introduction to Psychoanalysis. Terjemahan oleh Haris Setiowati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.