Apa yang dimaksud dengan monopoly rent?

monopoly rent

Monopoly rent atau rente monopoli diperoleh dari perusahaan yang membatasi penawaran dan atau menaikkan harga tanpa khawatir menarik kompetitor. Dalam praktiknya, monopoly rent sulit diidentifikasi dan diukur (Teece, 2016). Apa yang dimaksud dengan monopoly rent?

1 Like

Monoply rent adalah situasi di mana produsen yang melakukan praktek monopoli mengakibatkan perusahaan tersebut tidak memiliki persaingan dan dengan demikian perusahaan tersebut dapat menjual barang dan jasanya dengan harga yang jauh di atas harga pasar yang bersaing — dimana praktek tersebut dilakukan dengan cara mengorbankan konsumen.

Monopoly rent (Sewa monopoli) dalam Economics rent mengacu pada rente ekonomi yang diperoleh dari aktivitas monopoli yang dapat disebabkan oleh

  1. Penolakan akses ke suatu aset atau

  2. Kualitas unik dari suatu aset

Contoh Monopoly rent meliputi: sewa yang terkait dari monopoli pengetahuan yang ditegakkan secara hukum yang berasal dari kekayaan intelektual seperti paten atau hak cipta; sewa yang terkait dengan monopoli ‘de facto’ perusahaan, seperti Microsoft dan Intel yang mengendalikan standar yang mendasarinya dalam suatu industri atau lini produk (mis. Microsoft Office); sewa yang terkait dengan ‘monopoli alami’ utilitas publik atau swasta (mis. telepon, listrik, kereta api, dll.); dan sewa yang terkait dengan efek jaringan dari platform teknologi yang dikendalikan oleh perusahaan seperti Facebook, Google, atau Amazon.

Referensi

Birch, Kean. 2019. “Technoscience Rent: Toward a Theory of Rentiership for Technoscientific Capitalism”. Science, Technology, & Human Values . 45 : 3–33.