Apa yang dimaksud dengan Modem?

Modem

Modem adalah Perangkat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan dari digital ke analog. Modem adalah kependekan dari modulator / demodulator.

Sumber

Watson, James dan Anne Hill. 2012. Dictionary of Media and Communication Studies . New York: Bloomsbury Academic.

Modem untuk personal computer atau komputer pribadi pertama kali diciptakan oleh Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977. Mereka membangun teknologi yang sangat penting memungkinkan industri online sampai saat ini muncul dan berkembang.

Fungsi modem ialah sebagai pengubah sinyal digital “komputer/pc” menjadi sinyal analog “internet” ataupun sebaliknya. Proses pengubahan itu dinamakan dengan modulasi, sedangkan untuk cara kerjanya modem dibagi menjadi dua bagian, diantaranya bekerja sebagai modulator dan juga bekerja sebagai demodulator.

Fungsi dari modulator yaitu modem akan mengubah sinyal digital pada komputer/pc untuk dijadikan sinyal analog supaya bisa mengakses internet.l Sementara itu fungsi dari demodulator yaitu modem bekerja dengan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator yang merupakan alat komunikasi dua arah.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.