Apa yang dimaksud dengan Model Penyangga atau Hipotesis Dukungan Sosial?

Dalam membedakan antara komponen “struktural” dan “fungsional” dari konstruksi dukungan sosial, S. Cohen dan TA Wills menyarankan bahwa komponen struktural mengacu pada sejauh mana seseorang diintegrasikan ke dalam lingkungan sosialnya, dan fungsional komponen mengacu pada persepsi seseorang tentang ketersediaan anggota jaringan untuk menyediakan sumber daya yang mendukung bila diperlukan.

Ukuran struktural dikaitkan dengan model efek utama (di mana dukungan sosial memiliki dampak langsung dan menguntungkan pada kesehatan psikologis dan fisik). Sebaliknya, ukuran fungsional dikaitkan dengan model efek interaksi (model penyangga dukungan sosial). Menurut model / hipotesis penyangga, dukungan sosial memoderasi hubungan peristiwa-gejala kehidupan negatif dengan mengurangi efek buruk dari peristiwa kehidupan negatif pada kesejahteraan psikologis dan fisik.

Lebih lanjut, dan berdasarkan hasil penelitian lain di bidang ini, telah ditemukan bahwa dukungan sosial tidak hanya menopang efek buruk dari peristiwa kehidupan negatif, tetapi juga dapat meningkatkan atau meningkatkan (efek peningkatan dukungan sosial), dampak menguntungkan dari peristiwa kehidupan positif pada kesehatan psikologis dan fisik seseorang.

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.