© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan model organisasi mekanistik atau mechanistic structure?

Model struktur organisasi mekanistik

Model struktur organisasi mekanistik atau mechanistic structure merupakan organisasi yang hierarkis dan birokratis, ditandai dengan

  1. otoritas yang sangat tersentralisasi,
  2. prosedur dan praktik formal, dan
  3. fungsi khusus.

Organisasi mekanis relatif lebih mudah dan sederhana untuk diatur, tetapi tidak
baik untuk lingkungan dengan perubahan yang cepat.

Model organisasi mekanistik yaitu model yang menekankan pentingnya mencapai produksi dan efisiensi tingkat tinggi. Henry Fayol mengajukan sejumlah prinsip yang berkaitan dengan fungsi pimpinan untuk mengorganisasi dan empat diantaranya berhubungan dengan pemahaman model mekanistik yaitu:

  • Prinsip Spesialisasi. Sarana terbaik untuk mendayagunakan tenaga individu dan kelompok.

  • Prinsip Kesatuan Arah. Semua pekerjaan harus dikelompokkan berdasarkan keahlian.

  • Prinsip Wewenang dan Tanggung jawab. Manager harus mendapat pendelegasian wewenang yang cukup untuk melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

  • Prinsip Rantai Skalar. Hasil alami dari pelaksanaan ketiga prinsip sebelumnya adalah rantai tingkatan manajer dari peringkat wewenang paling tinggi sampai dengan peringkat paling rendah. Rantai skalar adalah jalur keseluruhan komunikasi vertikal dalam sebuah organisasi.

Birokrasi mempunyai berbagai arti. Secara tradisional istilah ini mengacu pada konsep ilmu politik tentang pemerintahan. Akan tetapi menurut Max Weber, struktur birokratik ialah struktur yang lebih unggul bila dibandingkan dengan struktur lainnya. Weber yakin bahwa untuk mencapai manfaat desain birokratik secara maksimum harus memiliki karakteristik berikut yaitu:

  • Semua tugas dibagi-bagi menjadi pekerjaan yang sangat dispesialisasi.

  • Setiap tugas dilaksanakan menurut sistem pengaturan abstrak guna menjamin keseragaman dan koordinasi berbagai tugas yang berbeda.

  • Setiap anggota atau kantor organisasi hanya bertanggung jawab atas prestasi kerja kepada satu manajer.

  • Setiap pegawai organisasi berhubungan dengan pegawai lain dan para klien secara impersonal dan formal.

  • Pekerjaan dalam organisasi birokratik didasarkan atas kualifikasi teknis dan terlindung dari pemberhentian secara sewenang-wenang.

Model mekanistik sangat efisien karena karakteristik strukturnya. Model ini sangat kompleks karena menekankan pada spesialisasi kerja, sangat disentralisasikan karena menekankan wewenang dan tanggung jawab, sangat formal karena menekankan fungsi sebagai dasar utama departementalisasi. Karakteristik dan praktek organisasi ini mendasari model organisasi yang diterapkan secara luas. Namun, model mekanistik bukan satu-satunya model yang diterapkan.