Apa yang dimaksud dengan Metode Pembelajaran ?

Metode pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya supaya terjadi proses pembelajaran pada diri siswa.

Apa yang dimaksud dengan Metode Pembelajaran ?

Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu “metha” yang berarti melalui atau melewati dan “hodas” yang berarti jalan atau cara. Dengan demikian metode dapat berarti suatu cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Dalam bahasa arab metode dikenal dengan istilah at thoriq (jalan atau cara). Metode adalah cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penentuan metode yang akan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran yang berlangsung.

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Menurut Fathurrahman pupuh, seperti yang dikutip Muhammad Rohman dan Sofan Amri, menjelaskan bahwa metode secara Harfiah berarti cara dalam pemakaian yang umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Referensi :

  • Trianto, Model Pembelajaran Terpadu , PT Bumi Aksara, Jakarta, 2011.
  • Hamruni, Strategi Pembelajaran , Insan Madani, Yogyakarta, 2012.

Metode pembelajaran bahasa ialah rencana pembelajaran bahasa, yang mencakup pemilihan, penentuan, dan penyusunan secara sistematis bahan yang akan diajarkan, serta kemungkinan pengadaan remedi dan bagaimana pengembangannya.

Pemilihan, penentuan, dan penyusunan bahan ajar secara sistematis dimaksudkan agar bahan ajar tersebut mudah diserap dan dikuasai oleh siswa. Semuanya itu didasarkan pada pendekatan yang dianut. Melihat hal itu, jelas bahwa suatu metode ditentukan berdasarkan pendekatan yang dianut; dengan kata lain, pendekatan merupakan dasar penentu metode yang digunakan.

Metode mencakup pemilihan dan penentuan bahan ajar, penyusunan serta kemungkinan pengadaan remedi dan pengembangan bahan ajar tersebut. Dalam hal ini, setelah guru menetapkan tujuan yang hendak dicapai kemudian ia mulai memilih bahan ajar yang sesuai dengan bahan ajar tersebut.

Sesudah itu, guru menentukan hahan ajar yang telah dipilih itu, yang sekiranya sesuai dengan tingkat usia, tingkat kemampuan, kebutuhan serta latar belakang lingkungan siswa. Kemudian, bahan ajar tersebut disusun menurut urutan tingkat kesukaran, yakni dari yang mudah berlanjut pada yang lebih sukar. Di samping itu, guru merencanakan pula cara mengevaluasi, mengadakan remedi serta mengembangkan bahan ajar tersebut.

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di antaranya
adalah:

  • Metode tata bahasa/terjemahan
  • Metode membaca
  • Metode audiolingual
  • Metode reseptif/produktif
  • Metode langsung
  • Metode komunikatif
  • Metode integratif
  • Metode tematik
  • Metode kuantum
  • Metode konstruktivistik
  • Metode partisipatori
  • Metode kontekstual

Tampubolon mengemukakan bahwa metode pembelajaran adalah “suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis demi mencapai tujuan pembelajaran”.

Aqib berpendapat bahwa metode pembelajaran adalah “sebagai cara yang digunakan guru, yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran”. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisikan tahapan tertentu. Dalam pemilihan metode oleh masing-masing guru adapula yang sama, tetapi teknik dalam penggunaan metode tersebut berbeda.

Menurut Pangewa, metode pembelajaran adalah kegiatan yang dipilih oleh dosen/guru, dalam proses pembelajaran, yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa menuju ketercapaiannya tujuan instruksional tertentu.

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran sangatlah banyak dan beraneka ragam. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan dibanding dengan metode lain. Dalam pembelajaran pendidik sering kali menggunakan metode secara variasi. Adapun metode yang digunakan itu berdiri sendiri, tergantung kepada pertimbangan yang didasarkan pada situasi pembelajaran yang relevan.

Menurut Pangewa, dari sekian banyak metode mengajar, dalam penggunaannya dapat dikategorikan ke dalam tiga pendekatan, yaitu:

  1. Pendekatan kelompok/klasikal, pada umumnya ditujukan untuk membimbing kelompok atau klasikal dalam belajar.

  2. Pendekatan bermain, menunjukkan para peserta didik untuk belajar dengan menghayati, melakoni perasaan-perasaan tertentu dalam suatu keadaan terkontrol melalui latihan atau permainan.

  3. Pendekatan individual, memungkinkan setiap anak didik dapat belajar baik dengan bakat, keinginan, dan kemampuan masing-masing individu.

Dalam upaya menerapkan suatu metode yang relevan ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan suatu metode yang akan digunakan. Menurut Pangewa hal-hal yang harus dipertimbangkan sebagai berikut:

  1. Tujuan berbagai jenis dan fungsinya.

  2. Subjek didik yang berbagai tingkat kematangannya/jenjangnya.

  3. Situasi dalam berbagai keadaan/kondisinya.

  4. Fasilitas yang berbagai kualitas dan kuantitasnya.

  5. Pribadi guru/calon guru serta kemampuan profesi yang berbeda-beda.

Menurut Sanjaya ada beberapa metode dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode simulasi. Sedangkan, Menurut Nurhayati14 ada beberapa metode dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode demostrasi, metode kooperatif, metode eksperimen, metode widyawisata serta metode proyek.

Metode Pembelajaran – Tentunya kita yang pernah mengenyam bangku pendidikan pasti merasakan model pembelajaran yang berbeda-beda pada setiap tingkat pendidikan yang kita lalui. Ada sebagian orang bertanya-tanya sebenarnya seberapa pentingkah metode pembelajaran itu?

Suatu proses belajar itu tidak hanya sekedar proses memberi pelajaran saja. Akan tetapi metode pembelajaran itu terdapat proses penerimaan ilmu dari guru kepada murid nya. Nah, tentunya seorang guru harus bisa mentransfer ilmu kepada muridnya dengan metode-metode yang tepat.Agar bisa mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat maka terciptalah proses belajar mengajar semakin efektif dan efisien. Sehingga murid pun bisa belajar dengan baik. Dengan menggunakan metode pembelajaran dapat disusun penyampaian materi yang bagus dan juga menarik.Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran.

Hal itu sangat perlu dilakukan guna membuat murid menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Bahkan dengan cara yang tepat dapat membuat murid tidak gampang merasa jenuh atau bosan di dalam kelas.
Referensi : Saddoen,Ariffin.Macam-Macam Metode Pembelajaran,Pengertian,Jenis,Dan,Contohnya.2020.