Apa yang dimaksud dengan meter musik?

image

Musik merupakan suatu seni yang berada waktu; mediumnya adalah bunyi yang sebenarnya (ragawi), yang tidak menetap melainkan bergerak di dalam suatu rentangan waktu. Di dalam musik, elemen ini dibagi menjadi tiga faktor, salah satunya adalah meter. Apa yang dimaksud dengan meter musik?

Ketika kita mendengarkan suatu rangkaian denyut -denyut yang teratur seperti detik-detik dari sebuah jam, dan memikirkannya menjadi kelompok dua-dua, tiga-tiga, atau empat-empat, dengan cara itu kita membatasi denyut-denyut.

Dalam penulisan partitur, meter ditunjukkan dengan tanda-sukat yang memperlihatkan jumlah ketukan-ketukan untuk sebuah birama. Birama-birama yang ditunjukkan dengan cara menarik garis-garis vertikal pada garis paranada. Dalam kebanyakan musik terdapat jumlah ketukan-ketukan yang sama untuk setiap birama.

Meter-meter yang paling umum adalah dengan dua ketukan untuk satu birama (sukat dua); tiga ketukan untuk satu birama (sukat tiga); empat ketukan untuk satu birama (sukar empat atau meter yang umum); dan dua atau lebih kelompok-kelompok tiga untuk satu birama (sukat-sukat susun : 6/8, 9/8, dan 12/8).