Manajer produk memiliki peran penting dalam mengembangkan sebuah produk. Apa yang dimaksud dengan Manajer Produk ?
Manager produk (Product Manager) bertanggung jawab untuk keseluruhan strategi, perencanaan & pengembangan, roadmap, dan fitur dari sebuah produk atau lini produk. Dalam hal ini, produk dapat berupa produk fisik (misalnya: Produk Manager Makanan Bayi) ataupun produk digital (Produk Manager Platform Ecommerce). Tanggung jawab Manager Produk juga dapat mencakup pemasaran, perencanaan, dan bertanggung jawab atas laba rugi (P & L).
Berikut merupakan tugas Manajer Produk :
-
Mengadakan riset dan menganalisis situasi di lapangan seperti target konsumen, harga, daya beli, serta kondisi pesaing
-
Menganalisa, mengembangkan, dan memasarkan serta menjual produk sesuai dengan kebutuhan konsumen baik itu produk digital ataupun produk fisik
-
Memahami prilaku konsumen dan mengembangkan produk berdasarkan analisis produk, pesaing, dan pasar
-
Berkoordinasi dengan bagian produksi untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan kriteria
-
Menjamin ketersediaan produk dan menjamin distribusi demi menjamin keberadaan produk di gerai dan juga bagian lain yang terkait
-
Memantau dan mengevaluasi produk/program yang dijalankan agar dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi
Berikut merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh Manajer Produk :
-
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain. -
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani -
Analisis Kontrol Kualitas
Melakukan tes dan inspeksi produk, layanan, atau proses dalam rangka mengevaluasi kualitas atau kinerja. -
Kepekaan Sosial
Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu. -
Penentuan Masalah
Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan
Sumber : Rencanamu - Tes Minat Bakat, Jurusan Kuliah & Karier No. 1