Apa yang dimaksud dengan Logo Generik ?

logo

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Apa yang dimaksud dengan Logo Generik ?

Logo generik kurang lebih adalah logo yang elemennya sudah sering digunakan atau mainstream, sehingga tidak memiliki keunikan tersendiri. Banyak desainer yang menyebut logo generik adalah logo yang miskin akan kreatifitas. Saya rasa perlu dihindari menggunakan logo generik karena akan merugikan bagi klien maupun desainernya sendiri.

Logo generik adalah logo yang dibuat dari elemen-elemen yang terlalu sering digunakan. Logo generik biasanya tidak memiliki keunikan dan sangat lemah secara konsep. Beberapa desainer bahkan menganggap logo generik sebagai logo yang miskin kreativitas.

Mengapa miskin kreativitas?

Begini, salah satu fungsi logo adalah sebagai identitas visual, yang merupakan salah satu pendukung dalam strategi branding. Jadi, visualisasi logo seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan klien. Masalahnya, logo generik tidak memiliki hal tersebut. Meski secara estetika bisa nampak bagus, namun jarang ada logo generik yang mampu memvisualisasikan karakteristik suatu perusahaan dengan baik dan tepat.

Dari pengamatan HaloDesain, rasanya ini diakibatkan oleh minimnya pemahaman desainer terhadap brief, serta kemalasan dalam melakukan riset. Hasilnya jelas, antara satu logo dengan yang lain, visualisasinya nyaris serupa. Tidak memiliki keunikan, dan sama sekali tidak eksklusif. Itulah alasan mengapa logo generik disebut miskin kreativitas.

Harus dipahami, logo generik sangat merugikan kedua belah pihak, baik klien maupun desainer. Bagi klien, mereka terpaksa hanya mendapatkan logo pasaran yang sudah terlalu banyak digunakan oleh orang lain, bahkan meski mereka sudah mengeluarkan cukup banyak biaya. Sementara bagi desainer, ada kemungkinan mereka dianggap kurang kreatif. Lebih buruk lagi, mereka akan dicap sebagai plagiator.

Ini merupakan beberapa contoh logo generik yang dikumpulkan oleh seorang desainer bernama Giovanni Tondini, yang menunjukkan betapa membosankannya logo-logo model ini:

jawab logo generik