Apa yang dimaksud dengan lingkaran motivasi (motivational circle)?

Motivasi adalah suatu proses dimana kebutuhan-kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan atau perilaku yang mengarah untuk tercapainya tujuan tertentu individu. individu yang berhasil mencapai tujuannya berarti kebutuhannya dapat terpenuhi dan terpuaskan. Lalu, apa yang dimaksud dengan lingkaran motivasi?

Menurut Dirgagunasa (1996) motif dalam psikologi yang berarti rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenaga yang memunculkan suatu tingkah laku. Karena dilatar belakangi adanya motif, tingkah laku tersebut disebut “tingkah laku bermotivasi” (Sobur, 2003).

Menurut Dirgagunasa (1996) tingkah laku bermotivasi itu sendiri dapat dirumuskan sebagai tingkah laku yang dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan dan diarahkan pada pencapaian suatu tujuan, agar suatu kebutuhan terpenuhi dan suatu kehendak terpuaskan (Sobur, 2003). Penjelasan tersebut menyebutkan beberapa unsur dalam tingkah laku yang membentuk lingkaran motivasi seperti gambar 2.1

image

Motivasi adalah motif yang sudah menjadi aktif pada saat tertentu. Motif dan motivasi berkaitan erat dalam hal pemenuhan sesuatu kebutuhan tertentu, kaitan tertampung dalam istilah “Lingkaran Motivasi” yang memiliki tiga rantai dasar, yaitu:

  1. Timbulnya kebutuhan yang dihayati dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan itu.

  2. Bertingkah laku tertentu sebagi usaha mencapai tujuan yaitu terpenuhinya kebutuhan yang dihayati. Tujuan ini dapat dinilai sebagai sifat yang positif yang ingin diproleh atau dapat dinilai sebagi sesuatu negatif yang ingin dihindari.

  3. Tujuan tercapai, sehingga orang merasa puas dan lega karena kebutuhannya tercapai.

Lingkaran motivasi menjelaskan bahwasannya apabila timbul suatu motif pada diri seseorang yang menyebabkan adanya suatu kebutuhan akan sesuatu, maka secara langsung seseorang tersebut berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang hendak ia proleh dengan disertai dorongan yang kuat dari dalam dirinya. Setelah tujuan yang menjadi kebutuhannya tercapai maka ia akan merasa puas karena sesuatu yang menjadi kebutuhannya terpenuhi. Motivasi dapat menjadi semacam kekuatan bagi seseorang dalam melakukan sesuatu untuk memperoleh suatu tujuan. Kekuatan ini pada dasarnya diransang adanya berbagai macam kebutuhan seperti keinginan yang hendak dipenuhi, tingkah laku, tujuan, dan umpan balik.