Apa yang dimaksud dengan LATEX dan ScribTEX?

LATEX merupakan bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TEX. TEX disini merupakan program komputer dalam membuat pengaturan tipe dokumen maupun formula matematika. Latex mengolah dari file (extensible markup language) XML ke dalam bentuk (portable document format) PDF. Keberadaan LATEX dapat mudah ditemukan di internet dan dapat diakses oleh umum.

ScribTEX merupakan salah satu dari LATEX Editor. ScribTEX sebagai editor berbasis web yang berarti pengguna dapat langsung menggunakannya dengan mengakses halaman web. ScribTEX tersedia secara gratis maupun paket berbayar jika menginginkan fitur lebih.

Summary
  • Banowosari, L. Y., Yudhistira, A., & Wicaksana, I. (2012). Tutorial Penggunaan LateX Pada ScribTeX

Pengertian LaTeX dan ScribTeX

LaTeX merupakan sistem penyiapan dokumen yang menyediakan bahasa tingkat tinggi untuk peranti lunak TeX. Program pada komputer yang memiliki format perintah tingkat rendah untuk membuat pengaturan tipe dokumen maupun formula matematika dinamakan TeX. LaTeX biasanya digunakan oleh matematikawan, akademisi, insinyur, dan ilmuwan untuk mengubah format file (extensible markup language) XML menjadi (portable document format) PDF. Dapat dikatakan LaTeX merupakan sistem tampilan grafis yang menghubungkan antara pengguna dengan sistem informasi dari TeX. Didalam LaTeX terdapat berbagai koleksi makro TeX yang lumayan lengkap. Oleh karena itu, pengguna lebih mudah menggunakan LaTeX dibandingkan TeX. Sedangkan ScribTeX merupakan salah satu LaTeX Editor yang berbasis web. Kemudahan penggunaan ScribTeX karena tanpa proses instalasi yang rumit yakni dengan cukup akses halaman web http://www.scribtex.com/ dan sign up selanjutnya fitur-fitur sudah dapat dioperasikan.

Tujuan dan Keuntungan ScribTeX

Tujuan memilih ScribTeX sebagai media mengerjakan LaTeX yaitu pengerjaan waktu dan tempat serta sistem akses fleksibel sesuai izin pemilik proyek. Keuntungan yang dirasakan editor yakni pengerjaan proyek bisa dikerjakan atau disimpan kapanpun, editor dapat mengerjakan secara berkelompok dengan mudah, ScribTeX tersedia gratis, proses instalasi mudah, file proyek pengguna tersimpan otomatis dan lain-lain.

Syarat yang Harus Disiapkan untuk Menggunakan ScribTeX

  1. Internet yang stabil.
  2. Email untuk sign in pendaftaran ke website ScribTeX.
    Mekanisme Pendaftaran ScribTeX
  3. Akses homepage ScribTeX di website http://scribtex.com/.
  4. Pilih menu Sign Up kemudian akan diarahkan ke form pendaftaran. Pada calon pengguna diminta mengisi username sebagai nama identitas pengguna ScribTeX, email sebagai alamat informasi ScribTeX, password sebagai kata sandi pada akun pengguna ScribTeX, dan password confirmation sebagai konfimasi kata sandi pada menu password. Jika pengguna sebelumnya sudah memiliki akun ScribTeX maka tidak perlu sign up, langsung memilih menu Log In. Pada menu Log In pengguna hanya diminta mengisi username/ email dan password yang sebelumnya digunakan pada menu Sign Up.

Fitur pada ScribTeX

ScribTeX memiliki tampilan yang simpel dan sederhana. Beberapa fitur pada ScribTeX sebagai berikut.

  1. Home
    Tombol home berguna untuk kembali ke halaman homepage.
  2. Blog
    Tombol blog berguna untuk membawa menuju ke blog dari ScribTeX (http://blog.scribtex.com/ ) yang didalamnya terdapat informasi yang berguna mengenal LaTeX dari berbagai sumber.
  3. Support
    Support memungkinkan pengguna mendapat bantuan teknis tentang ScribTeX ke orang yang bertanggungjawab dalam menangani ScribTeX.
  4. Sign Up
    Sign Up berguna untuk pengguna yang akan melakukan pendaftaran.
  5. Log In
    Log In untuk mengakses akun pada ScribTeX.
  6. Try It Now
    Try It Now sebagai fitur bagi calon pengguna untuk berselancar mendalami penggunaan ScribTeX tanpa harus Sign In. Namun perbedaannya, pada Try It Now proyek yang dikerjakan calon pengguna akan hilang ketika keluar dari website ScribTeX.
  7. Free Sign Up
    Free Sign Up memungkinkan pengguna mendapatkan fasilitas ScribTeX secara gratis yaitu storage 50mb, proyek sebanyak 3, dan kolaborator sebanyak 1 orang.
  8. Basic Sign Up
    Basic Sign Up memungkinkan pengguna mendapatkan fasilitas lebih dari ScribTeX dengan dikenai biaya, Fasilitas tersebut yaitu storage mencapai 600mb, proyek maksimal 10, dan kolaborator per proyek sebanyak 5 orang.
  9. Premium Sign Up
    Premium Sign Up memungkinkan penggunaa mendapatkan fasilitas lebih dari ScribTeX dengan dikenai biaya. Fasilitas tersebut yaitu storage mencapai 1gb, proyek tak terbatas, dan kolaborator per proyek tak terbatas.
  10. About Us dan Credits
    About Us mengarahkan ke halaman tulisan perkenalan editor ScribTeX yang ditulis langsung oleh James Allen, Founder dan Director ScribTeX. Credits berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi untuk ScribTeX.
  11. Info
    Info berisi semua yang perlu diketahui mengenai ScribTeX.
  12. Community
    Communty didalamnya berisi Forum, Blog sampai akun jejaring sosial ScribTeX.
  13. Log Out
    Log Out untuk keluar dari akun yang sedang kondisi Log In.
  14. Account Details
    Account Details didalamnya berisi mengenai informasi akun yang sedang digunakan.
  15. Plan Usage
    Plan Usage didalamnya berisi tentang informasi paket akun pengguna.
  16. Your Project
    Sample Project pada Your Project diberikan ketika baru pertama kali menggunakan ScribTeX sebagai contoh pengerjaan LaTeX.
  17. Dashboard
    Pilihan Dashboard akan menampilkan kembali ke dashboard akun pengguna
  18. View As PDF
    Proyek akan ditampilkan dalam bentuk PDF
  19. Download
    Download berguna dalam mengunduh proyek yang dikerjakan
  20. History
    History berguna menyimpan dan menampilkan perubahan yang terjadi pada proyek.
  21. Collaborators
    Fitur yang berguna ketika menggunakan paket Basic atau Premium.
  22. Setting
    Digunakan dalam pengaturan proyek
  23. Project Files
    Berisi file-file yang berada pada proyek yang dikerjakan.
  24. New File
    Berguna untuk membuat file baru dalam proyek
  25. New Directory
    Digunakan untuk menambahkan direktori baru pada file
  26. Upload File
    Digunakan untuk menambahkan file yang berada pada komputer ke dalam proyek.
  27. Save, Comment, dan Compile
    Save digunakan untuk menyimpan proyek. Comment digunakan untuk memberi catatan pada proyek yang sedang dikerjakan. Compile digunakan untuk mengolah proyek yang dikerjakan untuk dilihat hasil pratinjau ataupun mengubah format ke PDF.
  28. Workspace
    Workspace sebagai ruang kerja dalam mengerjakan proyek LaTeX.
  29. Download PDF
    Digunakan untuk mengunduh proyek dalam format PDF
  30. Log
    Log mengarahkan menuju halaman yang didalamnya terdapat catatan program
  31. Toolbar
    Toolbar menyediakan menu fungsi zoom in, zoom out, save dan print
  32. Preview
    Preview menampilkan pratinjau proyek yang dibuat.
Summary

Banowosari, L. Y., Yudhistira, A., & Wicaksana, I. (2012). Tutorial Penggunaan LateX Pada ScribTeX