Apa yang dimaksud dengan Language Acquisition Device?

Language Acquisition Device (LAD) atau Language Acquisition System (LAS) adalah mekanisme mental yang memandu akuisisi bahasa. LAD mengambil rangsangan lingkungan masukan dalam bentuk bahasa yang didengar oleh peserta didik yang diarahkan pada peserta didik. Saat masukan ini diproses, mekanisme internal memicu pertumbuhan tata bahasa dan leksikon khusus bahasa.

Komponen LAD mencakup pengetahuan pelajar tentang tata bahasa universal dan beberapa prinsip penguasaan bahasa yang keduanya membiaskan pelajar untuk membuat jenis asumsi tertentu dan bukan tentang sistem yang sedang dipelajari.

Salah satu prinsip akuisisi bahasa adalah asumsi objek keseluruhan di mana sebuah kata baru awalnya diambil untuk merujuk pada keseluruhan objek yang diasosiasikan dengannya, bukan salah satu bagiannya, atau bentuk, warna, dan sebagainya. LAD adalah sistem spesifik spesies yang dihipotesiskan ada saat lahir.

Masih diperdebatkan apakah properti atau fungsi operasional LAD tetap utuh sejak lahir atau tunduk pada efek periode kritis.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology