Apa yang dimaksud dengan Landing Page dari tipe MVP?

MVP merupakan hasil pekerjaan paling minimalis yang dapat disajikan ke calon pengguna dengan tujuan mendapatkan banyak pelajaran ketertarikan dan masukan calon pengguna. Sederhananya seperti ini, sebut saja startup memiliki visi untuk mengembangkan produk ABC dengan fitur X, Y, Z. Startup hanya perlu meluncurkan X (dianggap sebagai fitur paling penting) untuk segera dikenalkan ke pasar. Beberapa pertimbangan mendasar mengapa MVP diperlukan sebelum produk tersebut benar-benar dijadikan adalah untuk mengurangi risiko, meningkatkan kemungkinan untuk sukses, mendapatkan timbal balik lebih cepat, mengurangi kompleksitas hingga mengukur proses pengembangan.

Jadi, bagaimana Landing Page bisa menjadi tipe MVP? Mari kita buat contoh aplikasi Buffer ini.
Buffer adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting Anda di media sosial dan berbagi konten Anda pada waktu terbaik sepanjang hari. Sebelum membangunnya, pendiri Buffer, Joel Gascoigne, ingin melihat apakah ada yang ingin menggunakannya. Jadi dia membuat halaman arahan sederhana yang menggambarkan apa yang Buffer “lakukan.” Jika orang tertarik, mereka bisa mengklik tombol plans dan pricing. Setelah mereka menunjukkan minat dan klik tombol action maka akan sampai ke halaman berikutnya yang bertuliskan “Hello! You caught us before we’re ready” leave your email address and we’ll let you know when we’re ready.

buffer-mvp-compressor

Masalahnya adalah bahwa Joel sebenarnya belum mulai mengembangkan Buffer. Dia mengumumkan Buffer tersebut di publik, dan orang-orang datang, lalu beberapa dari mereka meninggalkan alamat email mereka - itu adalah langkah yang bagus. Pertanyaan berikutnya yang terjadi adalah: apakah mereka akan membayar untuk aplikasi semacam itu? Dia memperbarui halaman arahannya untuk menambahkan halaman Rencana & Harga dengan 3 paket: Gratis, 5 / mo, 20 / mo dan jawabannya adalah “ya” - cukup banyak orang mengklik opsi berbayar.

Buffer-MVP-3-compressor

Sekarang sudah waktunya untuk membangun set fitur minimum yang sederhana yang bisa ia dapatkan di sana dalam waktu kurang dari seminggu untuk mulai membuat orang benar-benar menggunakannya. Tak lama setelah itu, Buffer memiliki 500 pengguna dan menghasilkan pendapatan dari yang berbayar.

  • Referensi : MVP