Apa yang dimaksud dengan lagu metal?

image

Metal merupakan sebuah aliran dari sub genre heavy metal music yang berkembang pada tahun 1968 dan 1974 di inggris dan Amerika Serikat, dengan dengan akar dari blues rock dan psychedhelic rock yang ditandai dengan distorsi gitar yang sangat kuat, ketukan cepat di semua instrumentasi alat musiknya.

Kemunculan sebuah band metal Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi. Di awal 1980-an metal semakin berkembang dan pada awal 1990-an bermunculan sub genre dari metal yang kebanyakan mengandalkan tempo permainan cepat, mulai dari rhytm gitar yang cepat, terselip melodi berubah menjadi picking dan tremolo distorsi.

Permainan drum menggunakan double bass drum dimainkan dengan cepat dan bertenaga, suara vokal sang vokalis dinyanyikan dengan jelas terkadang disertai dengan teriakan atau scream, serta lirik yang disampaikan atau dinyanyikan bertema tentang kebencian, kekesalan terhadap sesuatu, bertema tentang perang, kritik politik, kritik sosial, bahkan ada yang bertema tentang penyembahan berhala, penghinaan agama,hingga yang berbau tentang setan.

Tema utama dari aliran metal ini merefleksikan aspek pemberontakan melalui musik sebagaimana yang diekspresikan oleh Reamon Bloem – vokalis dan penulis lagu dari band Jerman “Thronar”. Itu adalah sebuah gaya bermusiik yang Agresif yeng berkisah seputar pemberontakan, isu – isu sensitif, hal tabu dalam masyarakat, kekerasan, agama, politik, seks dan lain sebagainya.