Apa yang dimaksud dengan lagu metal?

image

Metal merupakan sebuah aliran dari sub genre heavy metal music yang berkembang pada tahun 1968 dan 1974 di inggris dan Amerika Serikat, dengan dengan akar dari blues rock dan psychedhelic rock yang ditandai dengan distorsi gitar yang sangat kuat, ketukan cepat di semua instrumentasi alat musiknya.

Kemunculan sebuah band metal Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi. Di awal 1980-an metal semakin berkembang dan pada awal 1990-an bermunculan sub genre dari metal yang kebanyakan mengandalkan tempo permainan cepat, mulai dari rhytm gitar yang cepat, terselip melodi berubah menjadi picking dan tremolo distorsi.

Permainan drum menggunakan double bass drum dimainkan dengan cepat dan bertenaga, suara vokal sang vokalis dinyanyikan dengan jelas terkadang disertai dengan teriakan atau scream, serta lirik yang disampaikan atau dinyanyikan bertema tentang kebencian, kekesalan terhadap sesuatu, bertema tentang perang, kritik politik, kritik sosial, bahkan ada yang bertema tentang penyembahan berhala, penghinaan agama,hingga yang berbau tentang setan.

Tema utama dari aliran metal ini merefleksikan aspek pemberontakan melalui musik sebagaimana yang diekspresikan oleh Reamon Bloem – vokalis dan penulis lagu dari band Jerman “Thronar”. Itu adalah sebuah gaya bermusiik yang Agresif yeng berkisah seputar pemberontakan, isu – isu sensitif, hal tabu dalam masyarakat, kekerasan, agama, politik, seks dan lain sebagainya.

1 Like

Musik atau lagu metal merupakan jenis musik rock yang mulaipopuler di akhir tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an di UK. Musik metal pada umumnya adalah musik yang terdengar sangat cepat, agresif, keras, dan teknis, tentu saja tergantung pada jenis apa yang disebutkan, ada begitu banyak jenis yang berbeda.

Band-band pertama yang membuat lagu bergenre metal antara lain adalah Led Zeppelin, Black Sabbath, dan Deep Purple pada tahun 1968. Band-band tersebut mendapat serangan besar-besaran dari para kritikus musik pada waktu itu karena faktanya mereka “merusak adegan musik”, khususnya musik rock.

Dari tahun 1980-an hingga sekarang, logam telah berevolusi menjadi berbagai bentuk seperti Black metal, Death metal, Groove metal, Progressive metal, Power metal, Gothic metal, Funk metal, Folk metal, Rap metal, Punk metal, Eksperimental, Stoner metal , Drone metal, Sludge Metal, Industrial metal, Extreme metal dan ratusan kombinasi berbeda di atas.

Selama tahun 1970-an, Judas priest hadir dan menghilangkan pengaruh musik blues dari metal untuk mengubah suranya. Kemudian munculah Motorhead yang membawa unsur punk dalam lagu-lagu metal sehingga membuatnya cepat dan keras, yang kemudian juga diadopsi oleh Iron Maiden dan Saxon ke dalam lagu-lagu mereka. Selama tahun 1970-an, istilah “Metalheads” dan “Headbangers” pertama kali digunakan untuk menggambarkan para penggemar musik metal.


Iron Maiden, salah satu bank musik bergenre metal asal Leyton, London Timur