Apa yang dimaksud dengan Kurva Indiferen atau Indifference Curve?

Indifference Curve

Kurva Indiferen atau Indifference Curve adalah diagram yang mewakili preferensi individu. Jika jumlah dua barang yang dikonsumsi ditunjukkan pada sumbu, kurva indiferen menghubungkan kombinasi dari dua barang yang memberikan kesejahteraan yang sama.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Kurva Indiferen (indifference curve) adalah kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi dari sejumlah barang tertentu yang dikonsumsi dan memberikan tingkat kepuasan yang sama, atau keadaan di mana konsumen berada dalam keadaan indiferen dalam mengkonsumsi berbagai jenis barang.

Gambar di bawah ini menunjukkan (a) kurva indiferen konsumen dalam mengkonsumsi barang X dan Y, dan (b) sekumpulan kurva indiferen atau sering dinamakan peta indiferen (indifference map). Sumbu vertikal menunjukkan jumlah barang Y, sumbu horizontal menunjukkan jumlah barang X, sedang I1, I2 dan I3 menunjukkan kurva indiferen kesatu, kedua, dan ketiga. Penggunaan diagram dua dimensi ini adalah untuk memudahkan analisis, sedangkan untuk lebih dari dua jenis barang dapat digunakan metode lain, seperti metode matematis atau ekonometrika.

Ciri-ciri kurva indiferen adalah sebagai berikut :

  • Kurva indiferen mempunyai nilai kemiringan negatif (negatively slope), atau paling tidak tak pernah mempunyai nilai kemiringan positif. Hal ini berarti bahwa bila konsumsi suatu jenis barang ditambah maka konsumsi barang lain harus dikurangi. Bentuk ekstrim dari kurva indiferen adalah sejajar sumbu vertikal dan sejajar sumbu horizontal

  • Bentuk kurva indiferen cembung ke titik origin (titik O), hal ini menunjukkan derajat pengantian barang yang semakin menurun. Derajat penggantian ini digunakan untuk mengetahui berapa jumlah barang yang harus dikurangi untuk menambah barang lain agar kepuasan yang diterima tetap sama.

  • Kurva indiferen tidak saling berpotongan, karena apabila saling berpotongan maka tidak konsisten dengan difinisi yang telah dijelaskan diatas.

Referensi

http://web-suplemen.ut.ac.id/espa4111/espa4111a/MENU2/kurva_indiferens1.htm

Kurva indiferen (indifference curve) adalah kurva ( berbentuk garis ) dimana setiap titik yang berada pada garis kurva tersebut mempunyai tingkat kepuasan atau kemanfaatan yang sama.

Ciri-ciri kurva indiferen:

  1. Kurva indiferen membentuk lereng (slope) yang negative. Kemiringan
    yang negatif menunjukkan fakta atau asumsi bahwa satu komoditas dapat
    diganti dengan komoditas lainnya sedemikian rupa sehingga konsumen
    mempunyai tingkat kepuasan yang tetap sama.
  2. Jika ada dua kurva indeferen dalam suatu keadaan atau lingkungan, maka
    keduanya tidak akan saling berpotongan.
  3. Hasil yang diperoleh dari asumsi, ialah bahwa kurva indiferen ditarik
    melalui setiap titik, sehingga membentuk garis kurva.
  4. Kurva indiferen dibutuhkan bagi pengorbanan tertentu untuk mendapatkan
    kepuasan yang optimal.

Contoh model kurva indiferen :
Masalah prestasi belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor minat dan
motivasi serta kemauan ( Ability) dan kemampuan ( Willingness).
Gambaran hubungan antara motivasi dan prestasi tersebut biasanya disajikan
dalam bentuk kurva.

image
kesimpulan : semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi juga
prestasi yang dihasilkan.

Referensi

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/196807291998021-SURYADI/Model_dan_keterampilan_pengambilan_keputusan.pdf