Apa Yang Dimaksud Dengan Kufur Akbar?

Kufur akbar

Apa yang dimaksud dengan kufur akbar ?

Kufur akbar adalah kufur yang mengeluarkan pelakunya dari millatul islam,

Kufur akbar ada enam macam, yaitu:

  1. Kufur takdzib yaitu mendustakan islam dengan hati dan lisan. Ia meyakini bahwa islam adalah dusta dan mengatakan dengan lisannya. (Al Mulk: 9).

    Mereka menjawab: “Benar ada”, sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, maka kami mendustakan(nya) dan kami katakan: “Allah tidak menurunkan sesuatupun; kamu tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang besar”.

  2. Kufur juchud yaitu meyakini kebenaran islam dengan hatinya namun lisannya mendustakan bahkan memerangi dgn anggota badan. Contohnya adalah kufurnya fir’aun dan kuffar quraisy.

  3. Kufur istikbar yaitu meyakini kebenaran islam dengan hati dan lisannya, namun ia bersombong diri dan tidak mau menerima islam dan melaksanakannya karena sombong dan menganggap remeh. Dan kufur ini disebut juga dengan kufur ‘ienad. Contohnya kufur iblis la’natullah ‘alaih

  4. Kufur I’radl yaitu berpaling dari islam, tidak membenarkan dan juga tidak mendustakan. (Thaha: 124).

    Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".

  5. Kufur nifaq yaitu mendustakan islam dengan hatinya dan memperlihatkan keimanan dengan lisan dan badannya, seperti kufurnya Abdullah bin Ubay bin Salul gembong munafiq.

  6. Kufur syakk, yaitu meragukan kebenaran islam dan para rasul.