Apa yang dimaksud dengan konservasi in situ?

Konservasi merupakan pelestarian atau perlindungan secara harrfiah, konservasi berasal dari bahasa Inggris yakni Conservation yang artinya pelestarian atau perlindungan.

Konservasi in situ merupakan konservasi tempat atau konservasi sumber daya genetik dalam populasi alami tumbuhan atau satwa, misalnya sumber daya genetik hutan dalam populasi alami spesies pohon. Hal ini merupakan proses dalam melindungi spesies tanaman atau hewan yang terancam punah di habitat aslinya, atau predator. Cara konservasi In situ adalah dengan mendirikan cagar alam, taman nasional, dan suaka marga satwa.

Contoh Daerah Konservasi Insitu

Taman nasional ujung kulon, tempat populasi badan jawa

  • Taman nasional tanjung putting, pusat rehabilitasi orang utan, dan terdapat tiga vegetasi dominan yaitu pandan-pandanan, palem-paleman dan berbagai jenis epifit.

  • Taman nasional kerinci, tanam nansional terbesar di Indonesia dengan luas kawasan sekitar 15.000 km. Tempat perlindungan berbagai hewan dan tumbuhan khas yang ada di sumatera.

  • Taman nasional gunung gede- pangrango (jawa barat), taman yang kaya flora dan fauna, bunga edelweiss jawab yang tumbuh subur, terdapat leopard, gibon, dan monyet jawa.

  • Taman nasional komodo, merupakan vegetasi sabana, dengan terdapat tumbuhan lonter dan sebagian jenis anggrek, serta tempat hidup hewan komodo.

  • Taman nasional gunung lauser, taman yang penting di kawasan Asia Tenggara dengan luas area 9.500 km. merupakan tempat perlindungan 1000 spesies tumbuhan dan 4000 spesies hewan dalam klasifikasi hewan-hewan western malesia.

Konservasi secara umum diartikan sebagai suatu tindakan yang dilihat secara mutu maupun jumlah dan dilakukan secara terus menerut (Hadi, 2009).

Konservasi in situ adalah bentuk kegiatan konservasi kepada hewan maupun tumbuhan yang dilakukan lansung pada tempat habitatnya di alam, sehingga Konservasi ini tidak ada perusakan habitat yang akan timbul dari kegiatan tersebut, konservasi ini biasanya dilakukan seperti pada penakaran hewan, wisata alam, cagar alam ataupun marga satwa.