Apa yang dimaksud dengan konsep prohibited risk di dalam keuangan syariah dan apa perbedaan mendasar dengan konsep risk keuangan konvensional?

Dari jenis risiko yang ada dalam keuangan syariah, ada yang dinamakan dengan konsep Prohibited Risk, apa yang dimaksud dengan prohibited risk? Dan apa bedanya dengan konsep risiko keuangan konvensional?

1 Like

Prohibited risk adalah resiko yang dilarang oleh syariah, tidak boleh diambil oleh setiap perusahaan berbasis Islam, dengan kata lain harus di hindari. Contohnya adalah gambling, cheating, fraud atau ghoror.

Perbedaan mendasar dengan konsep risk konvensional adalah berdasarkan perspektif Islam resiko terkait dengan maqashid sharia, dimana harus melindungi 5 (lima) hal, yaitu: melindungi agama (Din), jiwa (nafs), intelektual (aql), keturunan (nasl) dan harta (mal). Sedangkan aktivitas ekonomi juga tidak ditentukan oleh resiko bawaannnya, tapi berdasarkan nilai tambah dan mashlahah ada dari kativitas ekonomi tersebut.

Selain itu Dalam islam ada istilah essential risk yaitu resiko yang harus diambil dalam kegiatan bisnis, seperti ketidakpastian imbal bagi hasil (Al-ghunmu bil ghurmi) dan prohibited risk yang tidak boleh diambil sekalipun resiko itu menjanjikan return yang besar. Dua jenis resiko inilah yang tidak dikenal oleh konsep konvensional. Yang sama antara islam dan konvensional adalah permissible risk seperti market risk, liquidity risk, operational risk yang semua bisa dikur, di eliminasi, di transfer, atau di manage.

1 Like