Apa yang dimaksud dengan Kepribadian Koleris atau Kolerik?

Kepribadian Koleris

Kepribadian Koleris merupakan tipe kepribadian yang tegas dan tipe seorang pemimpin. Tipe koleris menjadi sosok yang selalu diidam-idamkan oleh orang lain karena terlihat sangat keren dan kuat dari luar. Namun dibalik semua kesempurnaan dirinya dan jiwa kepemimpinannya yang besar, orang koleris cenderung jarang bersenang-senang.

Jika dilihat dari sisi emosi nya, tipe koleris memiliki kemampuan dalam memimpin, aktif dan dinamis. Mereka membutuhkan perubahan, selalu menginginkan terjadinya perubahan, memperbaiki kesalahan yang dilakukan sebelumnya, memiliki kemauan yang kuat dan tegas, tidak emosional saat bertindak, tidak mudah putus asa, jiwa yang mandiri dan bebas, keyakinannnya yang begitu teguh, serta mampu untuk menjalankan beraham kegiatan apapun.

Sebagai orang tua, tipe koleris akan memberikan kesan kepemimpinan yang kuat di sebuah keluarga. Mereka memiliki tujuan yang cukup jelas dan detail, mampu memberikan motivasi kepada setiap anggota keluarga, mengetahui pilihan ataupun jawaban yang tepat saat terdapat masalah, serta mampu untuk mengorganisasi dan mengatur rumah tangga dengan baik.

Tipe koleris sebagai seorang pekerja memang lebih cenderung untuk berorientasi pada target, melihat sebuah gambaran secara menyeluruh, berusaha mencari solusi praktis yang efisien, bergerak cepat ketika bertindak, terorganisasi dengan baik, mengerjakan semua pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, lebih menekankan pada hasil, merangsang diri untuk terus berkembang dikarenakan adanya persaingan yang cukup ketat dalam pekerjaan, selalu ingin untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan baik.

Sedangkan tipe koleris dalam lingkungan sosial memang kurang begitu memiliki banyak teman. Namun tipe koleris memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja di dalam kegiatan, mau menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi, mengorganisasikan dengan baik, namun biasanya selalu merasa benar, unggul, dan dapat diandalkan.


Apa yang dimaksud dengan kepribadian koleris ?

Tipe kepribadian Koleris atau Kolerik yaitu seseorang yang dikatakan berorientasi pada pekerjaan dan tugas, mereka adalah orang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi.

Kelebihannya adalah mereka dapat melaksanakan tugas dengan setia dan akan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kelemahan orang yang berciri kolerik adalah kurangnya kemampuan untuk bisa merasakan perasaan orang lain (empati), belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga agak minim, karena perasaannya kurang bermain.

Karakter tipe kepribadian koleris, secara umum adalah:

  • Lekas terbakar tetapi juga lekas tenang, tanpa membenci,

  • Tindakan-tindakannya cepat, tetapi tidak konstan,

  • Selalu sibuk, tetapi dalam kesibukannya itu dia lebih suka memerintah daripada mengerjakan sendiri,

  • Nafsunya yang terutama ialah mengejar kehormatan, suka sibuk dimata orang banyak dan suka dipuji secara terang- terangan,

  • Suka pada sikap semu dan formal,

  • Suka bermurah hati dan melindungi, tetapi hal ini dilakukannya bukan karena dia sayang kepada orang lain, melainkan karena dia sayang kepada diri sendiri, sebab dengan berbuat demikian itu dia akan mendapatkan penghargaan,

  • Dalam berpakaian selalu cermat dan rapi, karena dengan demikian itu dia nampak lebih cendekia dari pada yang sebenarnya

Selain itu, Karakter lainnya dari tipe kepribadian koleris antara lain ; selalu kurang merasa kurang puas, bereaksi negatif dan agresif, sifat lainnya : mudah tersinggung (emosional), suka membuat provokasi, tidak mau mengalah, tidak sabaran, tidak toleran, kurang mempunyai rasa humor, cenderung beroposisi, dan banyak inisiatif (usaha)