Apa yang dimaksud dengan kaum muhajirin?

Muhajirin (bahasa Indonesia: para imigran) adalah sebutan untuk para pengikut Nabi Muhammad yang hijrah meninggalkan Mekkah, dalam rangka menjaga keimanan mereka dan menyelamatkan diri dari penindasan penduduk Mekkah,

Apa yang dimaksud dengan kaum muhajirin ?

Kaum Muhajirin adalah pengikut-pengikut setia/sahabat-sahabat Nabi Muhammad yang melakukan hijrah dari kota Mekah.

Apa yang disebut dengan hijrah?

Hijrah adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau berpindah dari tempat tinggal asalnya ke tempat tinggal yang baru.

Kaum Muhajirin berpindah karena adanya kebencian dan amarah dari kaum kafir Quraisy terhadap dakwah-dakwah serta ajaran-ajaran Nabi Muhammad saw. tentang Islam. Kaum kafir Quraisy menyiksa dan menyakiti pengikut-pengikut Nabi Muhammad saw. Melihat kondisi para pengikutnya yang disiksa dan disakiti, maka Rasulullah pun memerintahkan para sahabat dan pengikutnya untuk berhijrah ke negeri Habasyah, sebuah negeri Ethiophia yang terletak di Afrika.

Rombongan kaum Muhajirin yang pertama kali berangkat terdiri atas 10 orang, yaitu 7 laki-laki dan 3 perempuan, mereka adalah Zubair bin Awwam, Ustman bin Affan dan istrinya Ruqayyah binti Nabi Muhammad saw., Abdurrahman bin ‘Auf, Ummu Salamah, Abu Salamah Al Nakhzum, Abdullah bin Mas’ud, Abu Huzaifah dan istrinya Sahlah, Usman bin Ma’zun.

Kemudian rombongan ini disusul oleh rombongan yang kedua yang berjumlah 100 orang. Rombongan kedua ini dipimpin oleh sepupu Nabi Muhammad yang bernama Ja’far bin Abi Thalib. Hijrah mereka yang pertama tidak diikuti oleh Nabi, sedangkan hijrah yang kedua diikuti oleh Nabi. Mereka berhijrah dengan menaiki unta dan kuda. Tujuan kaum muhajirin berhijrah adalah untuk mendapatkan ketenangan dan kenyaman hidup dan beribadah. Keimanan kaum muhajirin sangatlah kuat dan teguh. Mereka tetap bersabar dan tawakal ketika ditimpa ujian yang sangat berat. Mereka tetap taat pada perintah Allah dan Rasulullah.

Kaum Muhajirin berhijrah dengan tidak membawa harta, rumah, jabatan, saudara, dan yang lainnya. Mereka membela agama Allah dan Rasul-Nya dan mereka adalah orang-orang yang jujur.