Apa yang dimaksud dengan kaum ansar?

Anshar adalah sebutan untuk suatu kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah. Sesampainya di Madinah mereka menyambut beliau dan kaum Muhajirin dengan baik dan membantu perjuangannya.

Apa yang dimaksud dengan kaum ansar ?

Anshar adalah sebutan untuk suatu kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah. Sesampainya di Madinah mereka menyambut dia dan kaum Muhajirin dengan baik dan membantu perjuangannya. Hal ini karena sebelumnya telah ada sebagian penduduk Madinah yang mengunjungi Makkah untuk menjadi pengikut Nabi Muhammad (peristiwa Baiat Aqabah).

Secara bahasa Anshar berarti “Penolong” dan Kaum Anshar terdiri dari Bani Khazraj dan Bani Aus.

“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (kaum Anshar) sebelum kedatangan mereka (kaum Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajrin) ; dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang di pelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Al Hasyr : 9)

Dalam ayat diatas membicarakan tentang kaum Anshar dan mengisyaratkan atas sifat-sifat mereka yang istimewa. Salah satu dari sifat-sifat mereka adalah menyempurnakan keimanan mereka didalam rumah mereka. Biasanya untuk mendapat kesempurnaan iman dirumah adalah sangat sulit, sebab pemikiran duniawi dan lainnya akan menjadi halangan baginya.

Sifat istimewa yang kedua ialah mereka sangat mencintai kaum Muhajirin. Jika seseorang membaca sejarah permulaan Islam, maka ia akan heran dengan keadaan kasih sayang
yang ada dikalangan sahabat.

Itulah kaum anshar, yang karena kebaikannya, sampai tertulis didalam Kitab Suci Al Quran.