Apa yang dimaksud dengan kajian sosiolinguistik?


(hanaaa) #1

Pada ilmu linguistik terdapat cabang kajian sosiolinguistik yang berhubungan dengan sosial. Apa sebenarnya yang dimaksud sengan sosiolinguistik?


(aditya) #2

Sosiolinguistik adalah ilmu yang menghubungkan antara penggunaan bahasa dengan budaya yang mempengaruhinya. Ilmu ini merupakan kajian kontekstual terhadap variasi penggunaan bahasa masyarakat dalam sebuah komunikasi yang alami. Variasi dalam kajian ini merupakan masalah pokok yang dipengaruhi atau mempengaruhi perbedaan aspek sosiokultural dalam masyarakat.

Menurut Fasold (1993) inti sosiolinguistik tergantung dari dua kenyataan. Pertama, bahasa bervariasi yang menyangkut pilihan bahasa-bahasa bagi para pemakai bahasa. Kedua, bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan pikiran-pikiran dari seseorang kepada orang lain. Dengan kata lain, semakin beragam sebuah masyarakat, semakin beragam pula bahasa yang digunakan dalam masyarakat tersebut.

Keragaman dalam masyarakat berupa beragamnya latar belakang dari penutur, beragamnya kondisi dan situasi saat bahasa itu digunakan, beragamnya lawan bicara, beragam suku, budaya dan lain-lain. Karena fenomena inilah kemudian sosiolinguistik juga berarti kajian tentang bahasa dan pemakaiannya dalam konteks sosial dan kebudayaan (Chaer, 1995).

Pendapat lain dikemukakan oleh Booiji (Rafiek, 2005) ia berpendapat bahwa

Sosiolinguistik sebagai cabang linguistik yang mempelajari faktor-faktor sosial yang berperan dalam pemakaian bahasa dan yang berperan dalam pergaulan

Sedangkan Wijana (2006) berpendapat bahwa S

Sosiolinguistik merupakan cabang linguistik yang memandang atau menempatkan kedudukan bahasa dalam hubungannya dengan pemakai bahasa itu di dalam masyarakat

Pendapat tersebut pada intinya berpegang pada satu kenyataan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat manusia tidak lagi sebagai individu, akan tetapi sebagai masyarakat sosial.