Apa yang dimaksud dengan kain oxford

Pelajar sekolah di Indonesia tentu saja identik sekali dengan seragam yang beragam corak warna dari berbagai jenjang pendidikan SD hingga SMA. Corak warna yang berbeda-beda tersebut lantas menjadi identitas tersendiri bagi setiap pelajar sekolah: warna merah-putih untuk jenjang SD, biru-putih untuk jenjang SMP, dan abu-putih untuk jenjang SMA. Bagi para siswa sekolah, penggunaan seragam ini ada yang merasa bahagia dan ada pula yang tidak menyukainya.

Selain corak warna yang membedakan identitas jenjang pendidikan, ternyata jenis bahan kain pun menjadi pengaruh untuk tingkat kenyamanan siswa saat memakainya. Karena banyaknya bahan kain yang beraneka ragam, sangat penting untuk para orang tua dan konveksi dalam memilih bahan kain yang digunakan dalam pembuatan seragam sekolah. Kira-kira apa yang dimaksud dengan kain oxford?

Kain oxford merupakan jenis bahan kain tekstil bertekstur rata yang biasa digunakan untuk membuat kemeja, seragam kerja, dan seragam sekolah. Secara umum kain oxford dapat dikategorikan kedalam jenis kain tekstil yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Kain oxford yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, merupakan jenis kain rajutan yang dibuat dengan cara dianyam sehingga teksturnya terbilang jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill.

Sumber:
http://www.tekstil.id/bahan-pakaian-ini-cocok-untuk-seragam-sekolah/