Apa yang dimaksud dengan kain katun?

Pelajar sekolah di Indonesia tentu saja identik sekali dengan seragam yang beragam corak warna dari berbagai jenjang pendidikan SD hingga SMA. Corak warna yang berbeda-beda tersebut lantas menjadi identitas tersendiri bagi setiap pelajar sekolah: warna merah-putih untuk jenjang SD, biru-putih untuk jenjang SMP, dan abu-putih untuk jenjang SMA. Bagi para siswa sekolah, penggunaan seragam ini ada yang merasa bahagia dan ada pula yang tidak menyukainya.

Selain corak warna yang membedakan identitas jenjang pendidikan, ternyata jenis bahan kain pun menjadi pengaruh untuk tingkat kenyamanan siswa saat memakainya. Karena banyaknya bahan kain yang beraneka ragam, sangat penting untuk para orang tua dan konveksi dalam memilih bahan kain yang digunakan dalam pembuatan seragam sekolah. Kira-kira apa yang dimaksud dengan kain katun?

Katun adalah salah satu jenis kain yang familier dibandingkan dengan jenis-jenis kain lainnya, Kain katun terbuat dari serat alami yang berasal dari tumbuhan. Faktanya serat kapas yang diproduksi menjadi bahan tekstil sampai dengan sekarang sangat digemari untuk pembuatan pakaian apa saja selain dari seragam. Bahannya yang dapat menyerap panas dan juga membuat hangat pada waktu dingin sangat digemari, akan tetapi ketahanannya tidak bisa terlalu lama, mudah kusut, rawan kisut setelah dicuci dan mudah luntur. Anda tidak dapat membayangkan pada pencucian pakaian beberapa kali dan terjadi pengecilan pada ukuran pakaian, lalu ada kemungkinan harus sering mengganti dengan yang baru dalam jangka waktu yang dekat.

Sumber:
http://www.tekstil.id/bahan-pakaian-ini-cocok-untuk-seragam-sekolah/