Apa yang dimaksud dengan Junction ketat (tight junction)?

Tight junction

Tight junctions (TJ) memiliki peran utama untuk pemeliharaan penghalang permeabilitas endotel, mengatur jalannya ion dan zat terlarut di antara sel melalui jalur paracellular. Tight junctions sangat penting untuk membangun penghalang terhadap difusi bebas antara kompartemen ekstraseluler tubuh yang berbeda. Untuk mempertahankan keseimbangan dalam berbagai sistem organ, tight junctions harus berisi gerbang untuk memungkinkan difusi paraseluler selektif berdasarkan ukuran dan muatan. Konsep saluran paracellular sebenarnya mengacu pada fungsi jalur masuk dan resapan dari tight junctions.

Apa yang dimaksud dengan Junction ketat (tight junction)?

Junction ketat ( tight junction ) merupakan ikatan antar sel yang terdapat pada sel-sel epitel yang terletak di bagian permukaan jaringan. Sel-sel epitel berfungsi untuk membawa keluar sekaligus sebagai pembatas dan mediator untuk bahan-bahan yang selektif, daerah cairan ekstraseluler pada bagian atas dan bagian dalam membran yang harus terpisah. Junction ketat akan berada antara sel-sel epitel yang berdekatan dan biasanya terletak di bawah permukaan atas dan membantu keseimbangan sekaligus mengatur polaritas sel. Daerah khusus pada membran plasma yang seringkali dibatasi dengan adanya rongga seperti usus, lumen perut, pembuluh darah, dan saluran empedu pada hati. Ikatan antar sel-sel syaraf pada sel-sel metabolis di hati memiliki banyak ikatan tight junction .

Hasil pengamatan menunjukkan keberadaan protein dengan diameter 3-4 nm yang nampak dari pecahan beku mikrograf dari junction ketat. Dua jenis protein penyusun yang ditemui dalam junction ketat adalah occludin dan claudin , dan hasil penelitian menunjukkan bahwa occludin merupakan protein esensial yang hanya terdapat pada junction ketat.

image

Percobaan sederhana menunjukkan kemampuan ikatan junction ketat yang tidak tembus terhadap banyak jenis substansi yang larut dalam air. Eksperimen dengan menggunakan lanthanum hydroxide (elektron, larutan koloid dengan berat molekul tinggi) diinjeksikan dalam pembuluh darah pankreas hewan. Beberapa saat, irisan jaringan sel-sel pankreas diamati dengan mikroskop, dan nampak lanthanum hydroxide terdifusi dari darah ke dalam ruangan yang memisahkan bagian samping permukaan dari sel-sel tersebut, tetapi tidak dapat melewati jaringan ketat.

Percobaan lain menunjukkan bahwa Ca2+ merupakan komponen penting untuk formasi dan integritas dari junction ketat, dimana didemonstrasikan dengan sel-sel yang ditumbuhkan pada kondisi medium yang rendah Ca2+,maka sel yang berkembang membentuk monolayer tidak terhubung dengan junction ketat. Kondisi tersebut menjadikan cairan dan garam dapat mengalir dengan bebas melewati lapisan sel monolayer yang baru terbentuk tersebut. Tetapi saat ditambahkan Ca2+pada medium, maka lapisan sel-sel tersebut menjadi impermeabel terhadap larutan dan garam. Kesimpulan percobaan tersebut menunjukkan bahwa Ca2+merupakan komponen penting untuk formasi dari junction ketat seperti hubungan yang terbangun antar sel melalui hubungan oleh adanya cadherin pada desmosom.