Apa yang dimaksud dengan jaringan lokal atau Local Area Network (LAN)?

Kita sering mendengar kata-kata LAN jika berhubungan dengan konektivitas atau jaringan dalam komputer. Apa yang dimaksud dengan jaringan lokal atau Local Area Network (LAN)?

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

sumber :http://searchnetworking.techtarget.com/definition/local-area-network-LAN

Jaringan area lokal (LAN) adalah sekelompok komputer dan perangkat terkait yang memiliki jalur komunikasi umum atau tautan nirkabel ke server. Biasanya, LAN mencakup komputer dan periferal yang terhubung ke server dalam area geografis yang berbeda seperti kantor atau kantor komersial. Komputer dan perangkat seluler lainnya menggunakan koneksi LAN untuk berbagi sumber daya seperti printer atau penyimpanan jaringan.

Jaringan area lokal hanya bisa melayani dua atau tiga pengguna (misalnya, di jaringan kantor kecil) atau beberapa ratus pengguna di kantor yang lebih besar. Jaringan LAN terdiri dari kabel, switch, router dan komponen lainnya yang memungkinkan pengguna terhubung ke server internal, situs web dan LAN lainnya melalui jaringan area yang luas.

Ethernet dan Wi-Fi adalah dua cara utama untuk mengaktifkan koneksi LAN. Ethernet adalah spesifikasi yang memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain. Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan komputer ke LAN. Teknologi LAN lainnya, termasuk Token Ring, Fiber Distributed Data Interface dan ARCNET, telah kehilangan dukungan karena kecepatan Ethernet dan Wi-Fi telah meningkat. Munculnya virtualisasi telah mendorong pengembangan LAN virtual, yang memungkinkan administrator jaringan untuk secara logis mengelompokkan node jaringan dan mempartisi jaringan mereka tanpa memerlukan perubahan infrastruktur utama.


LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, LAN adalah suatu jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja seperti lab komputer sekolah, rumah, gedung, restoran dan wilayah kecil lainnya, pada saat ini, Kebanyakan LAN yang digunakan pada saat ini berbasis pada teknologi 802.11 b yang biasa disebut dengan Wi-fi. Pada saat ini Wi-fi dapat ditemui dengan mudah di berbagai tempat, biasanya di sebut juga dengan Hotspot. Biasanya salah satu computer pada jaringan LAN tersebut akan di jadikan SERVER yang mengatur semua jaringan tersebut.

LAN sangat cocok untuk mentrasmisikan data Karena pemindahannya sangat cepat, Keuntungan dari penggunaan jaringan LAN adalah pengeluaran kabel dan biaya operasional lebih irit, transfer data antar perangkat lebih cepat karena hanya meliputi wilayah yang sempit atau lokal, serta tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk membangun sebuah jaringan LAN.

Adapun kerugian dari penggunaan jaringan LAN adalah interaksi atau komunikasi ke jaringan luar menjadi lebih sulit serta cakupan wilayah transfer data yang tidak terlalu luas.

http://packetworks.net/lan-vs-wan-the-benefits-of-each-network-type/
https://techterms.com/definition/lan
https://www.webopedia.com/TERM/L/local_area_network_LAN.html

Pengertian Jaringan LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah. LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet.
pengertian-LAN

Untuk membangun sebuah LAN dapat menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) ataupun keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN jenis wireless menggunakan sinyal Wi-Fi. Kebanyakan untuk LAN yang digunakan pada rumah-rumah menggunakan sebuah router untuk membuat sebuah jaringan sekaligus mengelolah perangkat yang terhubung dengannya. Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan tablet untuk dapat saling terhubung. Biasanya router tersebut terhubung dengan sebuah kabel atau modem untuk menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung.

Perangkat komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. komputer tersebut berperan sebagai server, dan menyediakan akses untuk berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Hal ini sering diterapkan pada jaringan perkantoran atau sebuah lembaga.

LAN atau Local Area Network


gambar-jaringan-komputer-tipologi-star

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya menggunakan kabel dan router sebagai penyambung. Secara definisi, LAN adalah suatu media transmisi bersama rangkaian hardware dan software untuk menginterfacekan perangkat menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat.

Jaringan LAN biasanya digunakan di dalam suatu gedung atau bangunan yang berjarak sampai beberapa kilo meter. Secara ukuran, jaringan LAN memiliki ukuran yang terbatas. Diakibatkan karena jaringan LAN sering menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. Kecepatan jaringan LAN tradisional berkisar 10 sampai 100 Mbps sementara jaringan LAN modern memiliki kecepatan sampai ratusan megabit per detik.

Model yang digunakan untuk membangun jaringan LAN yaitu internet, router, komputer server, dan switch. Tipe jaringannya yang pertama adalah peer to peer, setiap komputer akan dihubungkan dengan komputer lain dan tidak ada yang bertugas sebagai pengontrol. Jaringan dapat dibatasi menggunakan password dan disarankan maksimum untuk 10 komputer. Yang kedua adalah client atau server, bertugas sebagai komputer pusat yang mengontrol dan menjadi pusat penyimpanan file atau dokumen yang dilindungi dengan keamanan terpusat.

Jaringan LAN menggunakan topologi berupa cincin, bus, pohon dan bintang. Topologi bus dan pohon sebagai tempat penghubung perangkat. Cincin LAN terdiri dari sebuah loop tertutup serta perulangan yang memungkinkan data beredar di seputar cincin. Transmisi umumnya berbentuk frame, sedangkan yang berupa bintang mencakup sebuah simpul pusat tempat stasiun terhubung.

Sumber :


LAN-network-diagram

LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan internal yang terbatas dalam area local dengan jarak kurang dari 1000 meter. Atau dapat definisikan sebagai jaringan komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung, atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik jaringan LAN itu sendiri. Setiap komputer yang menggunakan jaringan LAN dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang diberikan. Sumber daya tersebut berupa data atau perangkat seperti printer, scanner, dan lain sebagainya. Pada jaringan LAN, pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan cara menggunakan aplikasi yang sesuai.

Jaringan LAN memiliki beberapa karakteristik atau ciri yaitu jarak antar terminalnya tidak terlalu jauh, pada umumnya jaringan LAN tersebut milik satu organisasi atau perusahaan, umumnya jaringan LAN tidak membutuhkan fasilitas jaringan telepon yang disewa dari operator telekomunikasi sehingga kecepatan pengiriman data juga tidak bergantung pada jaringan tersebut, mempergunakan media transmisi berupa kabel yang khusus untuk berkomunikasi dan biasanya mempunyai kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi (1 Mbps – 10 Mbps).

Prisip kerja dari jaringan LAN yaitu dengan membuat semua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain saling terhubung. Kerja sama ini semakin berkembang dari pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama-sama. Jaringan LAN umumnya menggunakan hub/switch sehingga prinsip kerja dari jaringan LAN tersebut akan mengikuti prinsip kerja dari hub.

Secara umum jaringan LAN memiliki 3 arsitektur fisik yaitu :

  1. Topologi Bus
    topologi bus

  2. Topologi Ring
    topologi ring

  3. Topologi Star
    topologi star

Referensi :

Sumber Gambar :


3.bp.blogspot.com

lan

LAN adalah singkatan dari Local Area Network yang berarti jaringan komputer dengan mencakup wilayah lokal. LAN merupakan perangkat jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan router sebagai penyambungnya. Jaringan LAN merupakan media transmisi bersama. Rangkaian hardware dan software digunakan untuk menginterfaceperangkat menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. LAN menggunakan topologi ring, bus, tree, dan star.

Komponen-Komponen LAN:

  1. Workstation : host berupa sebuah sistem komputer
  2. Server : Hardware yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.
  3. Link
  4. Network Interface Card : Rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani sebuah network protocol
  5. Network Software

Sumber: