Apa yang dimaksud dengan jaringan client-server dan apa contohnya?

Jenis jaringan berdasarkan peranan komputer, dibagi menjadi beberapa macam jaringan, salah satunya adalah jaringan client-server. Apa yang dimaksud dengan jaringan client-server tersebut dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari atau dalam suatu industri.

Berikan juga beberapa kekurangan dan kelebihan dari jaringan client-server tersebut.

Pengertian client server tentunya tak lepas dari dua kata ini, yaitu kata client dan server. Client adalah sistem atau proses yang melakukan permintaan (request) data ke server. Sedangkan server yaitu sistem atau proses yang menyediakan data yang diminta oleh client tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa client server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk pada cara menyalurkan aplikasi antara kedua pihak tersebut, yaitu client dan server.

Bisa diartikan juga bahwa client server adalah sebuah pembagian kerja didalam mengakses server sebuah jaringan tertentu antara client dan server. Sebagai bagian dari konteks data, client server mengatur interface yang fungsinya sebagai tempat menjalankan aplikasi basis data.
Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan. Salah satu contoh aplikasi software yang paling sering digunakan untuk meminta dan menerima data pada jaringan ialah web browser, dimana user dapat melakukan request untuk sebuah halaman web, melalui aplikasi web browser. Perangkat lain yang dapat pula dikategorikan sebagai client ialah perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Server merupakan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses request yang telah diterima dari client lalu kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan. Server menyimpan informasi dan data yang kompleks yang mungkin dibutuhkan client, oleh karena itu biasanya server terdiri dari komputer dengan performa yang tinggi baik dari segi pemrosesan maupun dari segi memori, hal tersebut agar server mampu melayani request dari banyak client secara bersamaan.

Server juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tugas spesifik yang dilakukannya contohnya mail server untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan, database server untuk menjaga dan mengatur database dan masih banyak lagi.

Perangkat client dan server biasanya memiliki unit hardware yang berbeda, masing-masing didesain sesuai dengan tujuannya. Contohnya pada client sebaiknya dilengkapi dengan resolusi layar monitor yang bagus dengan antarmuka graphical user, sedangkan pada server sama sekali tidak membutuhkan resolusi layar yang bagus cukup dengan antarmuka command line.

Pada jaringan client-server juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari client-serer diantaranya:

  1. Kontrol Terpusat pada Server
  2. Backup Terpusat pada Server
  3. Skalabilitas
  4. Kemudahan Perawatan
  5. Peningkatan Keamanan

Dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol
  2. Biaya Pengeluaran
  3. Jaringan Melambat

Jaringan client server merupakan jaringan yang didesain untuk pengguna, yaitu pengguna tersebut disebut dengan klien, untuk mengakses sumber daya seperti lagu, koleksi video, atau beberapa layanan lainnya dari computer pusat yang disebut server. Jaringan klient server merupakan dimana satu komputer terpusat (server) adalah pusat dimana banyak komputer pribadi atau workstation yang sangat kuat (disebut klien) terhubung. Klien menjalankan program dan mengakses data yang tersimpan dalam server,

Seperti peer-to-peer. Server merupakan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses request yang telah diterima dari client lalu kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan. Server menyimpan informasi dan data yang kompleks yang mungkin dibutuhkan client, oleh karena itu biasanya server terdiri dari komputer dengan performa yang tinggi baik dari segi pemrosesan maupun dari segi memori, hal tersebut agar server mampu melayani request dari banyak client secara bersamaan.

Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

Kelebihan Client Server :

  1. Lebih Aman
  2. Semua data dapat dibackup pada satu koleksi sentral
  3. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaanya dilakukan secara khusus oleh satu komputer.

Kekurangan Client Server :

  1. Membutuhkan administrator yang mempunyai skill(handal)
  2. Membutuhkan biaya
  3. Jika server mati maka komputer yang digunakan client akan ikut mati.

Referensi :
http://www.dictionary.com/browse/client-server-network


Jaringan komputer disebut sebagai client / server jika (setidaknya) salah satu komputer digunakan untuk “melayani” komputer lain yang disebut sebagai “klien”. Selain komputer, jenis perangkat lain bisa menjadi bagian dari jaringan: 1

Di lingkungan klien / server, setiap komputer masih menyimpan (atau masih dapat menahan) sumber daya dan berkasnya (atau beberapa). Komputer lain juga dapat mengakses sumber daya yang tersimpan di komputer, seperti dalam skenario peer-to-peer. Salah satu kekhasan jaringan client / server adalah file dan sumber daya terpusat. Ini berarti bahwa komputer, server, dapat menahan mereka dan komputer lain dapat mengaksesnya.

Karena server selalu ON, mesin klien bisa mengakses file dan resource tanpa peduli apakah komputer tertentu sedang ON. Salah satu konsekuensi dari jaringan client / server adalah bahwa, jika server dimatikan, sumber dayanya dan kadang-kadang sebagian besar sumber daya pada jaringan tidak tersedia. Sebenarnya, salah satu cara untuk mengatur jaringan client / server adalah memiliki lebih dari satu server. Dalam hal ini, setiap server bisa memainkan peran yang berbeda. Keuntungan besar lain dari jaringan client / server adalah keamanan dibuat, dikelola, dan sangat bisa diberlakukan. Untuk mengakses jaringan, seseorang, yang disebut pengguna harus memberikan beberapa kredensial, seperti nama pengguna dan kata sandi. Jika kredensial tidak valid, pengguna dicegah untuk mengakses jaringan.

Jenis jaringan client / server juga memberikan banyak keuntungan lain seperti backup terpusat, kemampuan Intranet, pemantauan Internet, dan lain-lain. Dalam jaringan kecil, semua layanan ini dapat ditangani oleh satu server:

2

Dalam jaringan menengah ke besar, bisa ada banyak server dengan masing-masing melakukan tugas yang berbeda:

3

Jaringan client-server dapat membantu karyawan melakukan tugas menghasilkan pendapatan 20 persen lebih banyak. Untuk usaha kecil dan menengah yang mungkin tidak mampu membayar staf TI yang berdedikasi, outsourcing mungkin merupakan sarana yang paling efektif untuk memasang dan memelihara jaringan semacam itu.

Menurut sebuah studi Forbes, jaringan client-server membantu usaha kecil memperluas jangkauan geografis mereka, menemukan pelanggan baru, dan meningkatkan pendapatan sambil mempertahankan atau menurunkan biaya - dan sebagai hasilnya, karyawan di usaha kecil yang menggunakan jaringan client-server menghasilkan pendapatan 20 persen lebih banyak. -memproduksi tugas Namun, memasang dan merawat jaringan semacam itu tidaklah mudah. Ini mengharuskan Anda untuk tetap berada di puncak teknologi terkini, memantau backup, dan memecahkan masalah.

Metode tradisional untuk menginstal dan memelihara jaringan client-server adalah mempekerjakan staf profesional TI untuk melakukan pekerjaan itu, namun ini mungkin tidak realistis untuk usaha kecil atau menengah sekalipun tidak mampu membayar staf TI yang berdedikasi. Outsourcing mungkin merupakan cara yang hemat biaya untuk mengatasi masalah ini.


http://www.functionx.com/networking/Lesson06.htm