Apa yang dimaksud dengan Investasi Terimbas atau Induced Investment?

Induced Investment

Investasi Terimbas atau Induced Investment adalah investasi yang dapat terpengaruh oleh perubahan pendapatan atau output. Ini berlaku di tingkat makro dan bukan ekonomi mikro. Investasi perusahaan dapat dipengaruhi oleh perubahan output melalui pengaruhnya terhadap keuntungan.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi investasi terimbas adalah investasi modal yang dipengaruhi oleh pergeseran perekonomian. Investasi ini dilakukan dengan maksud untuk menghasilkan keuntungan dari investasi tersebut. Investasi semacam ini diatur oleh pendapatan dan jumlah laba yang dapat dihasilkan perusahaan. Dengan demikian, terdapat hubungan langsung antara jumlah investasi dengan pendapatan dan laba yang diperoleh perusahaan. Jika pendapatan dan keuntungan cenderung meningkat maka akan berimbas pada nilai investasi yang juga meningkat dan sebaliknya.

Perubahan biaya bahan baku, perubahan selera dan preferensi pelanggan, kenaikan suku bunga pinjaman ata lainnya itu berdampak langsung pada investasi. Oleh karena itu, untuk memenuhi perubahan ini, perusahaan berupaya untuk mempertahankannya investasi yang layak.

Investasi terimbas umumnya dilakukan oleh perusahaan swasta ketika mereka melihat kesenjangan antara permintaan dan penawaran dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Investasi terimbas dapat ditinggalkan kapan saja perusahaan menginginkan jika merasa bahwa investasi tersebut tidak lagi menguntungkan bagi perusahaan.