Apa yang dimaksud dengan International Institute For Strategic Studies (IISS)?

International Institute For Strategic Studies (IISS)

International Institute For Strategic Studies (IISS) merupakan sebuah lembaga think-tank global yang berdiri pada tahun 1958 berbasis di London, United Kingdom.

Apa yang dimaksud dengan International Institute For Strategic Studies (IISS)?

International Institute For Strategic Studies (IISS) merupakan sebuah lembaga think-tank global yang berdiri pada tahun 1958 berbasis di London, United Kingdom. Pada awal kemunculannya di era Perang Dingin, IISS menaruh perhatian pada “penolakan senjata nuklir dan pengontrolan senjata”, seiring waktu IISS meluaskan fokus perhatiannya dari hanya penolakan senjata nuklir dan pengontrolan senjata menuju keseluruhan aspek dari keamanan, serta mempromosikan ide-ide dan fokus kajiannya melalui “ civilised dialogue ”. IISS memiliki cabang di Bahrain, Singapore dan juga Amerika.

IISS tercatat sebagai sumbangan komisi amal dari pemerintahan kerajaaan Britania Raya dan sebuah perusahaan swasta, Institut ini diatur oleh sebuah memorandum dan artikel anggaran dasar dari komisi amal Inggris dan Wales. IISS dalam menjalankan program-programnya dan penelitiannya mendapat dukungan bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintahan, yayasan, perusahaan swasta, bahkan individu.Namun dalam penerimaan bantuan tersebut IISS menegaskan, bahwa tidak akan menerima bantuan yang berbenturan dengan independensi analisa intelektual politik mereka. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga independensi, dan objektivitas mereka sebagai kelompok intelektual yang memegang objektivitas tinggi dalam perinsip keilmuan. IISS menentukan sendiri agenda-agenda konferensi mereka, siapa yang menjadi pembicara, bagaimana analisis penelitiannya, dan bagaimana simpulannya. IISS mendapat banyak dukungan dari tuan rumah pemerintah di Amerika Latin, Timur Tengah dan Asia dalam menjalankan salah satu progam utamanya yaitu dialog antar pemerintah internasional.

Berikut beberapa pihak yang mendukung aktivitas dari IISS yaitu: Taylor & Francis group, EU non-poliferation consortium, Lockhead Martin Coorporation, Mac Arthur Foundation, Fullerton Hotels Singapore, Near East South Asia Center (NESA), N ational Defence University, Carnergie Coorporation of New York, Mitsubishi Coorporation, Workhardt, Airbus Group, Abraaj Capital, Boeing , dan lain-lain, serta perwakilan-perwakilan dan menteri luar negeri dari berbagai negara, serta sejumlah 1800 individu yang terdaftar dari berbagai Negara.

IISS banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti dari lembaga-lembaga penelitian, NGOs, atau bahkan perusahaan-perusahaan swasta adalah tanpa adanya kepentingan politik, namun karena tanggungjawab atas isu kosmopolitan yaitu keamanan internasional. IISS memiliki banyak ahli dan staff dalam melakukan penelitian dan analisis. John Chipman sebagai Direktur dan kepala eksekutif umum IISS. Adapun para ahli yang melakukan riset terdiri dari berbagai bidang fokus kajian (keahlian) masing-masing dari ekonomi dan geopolitik, keamanan nontradisional, bidang hukum, kesejahteraan, kajian regional dan sebagainya.

Posisi Nama (Deskripsi) Tugas
Director General’s and Chief Executive Dr. John Chipman Menentukan strategi organisasi, Penggalangan dana, Konektivitas dengan Pemerintahan dan berbagai sektor privat pendukung.
1. Head of Director -General’s Office 2.Director-General’s Office Coordinator Clair Willman ; Sam Nugie Mendukung keterlibatan IISS dengan seluruh cabang IISS dan juga dengan berbagai jaringan institut.; Memelihara pengaruh IISS dalam debat strategic dan memastikan IISS memiliki dampak besar dalam setiap event dan konferensi
Governance and Trustees (Chair of IISS Trustee; Chairs of IISS Council; Chair of Investment and Audit Commitees; Member of Finance and Audit Commitee; IISS Trustee Fleur de Viliers; Francois Heisbourg; Thomas Seaman; Chris Jones; Jen Tholstrups; Kurt Lauk; Shopie Caroline M; Niegel Newton; Risto Penttila; Lord Powell; Catherine Roe Posisi kehormatan melakukan penerimaan anggota atau pendukung, menentukan masa jabatan
The IISS Council Beranggotakan para ahli, individu dari lembaga penelitian Internasional, berjumlah total hingga 30 anggota dewan. Dewan Penasihat Organisasi ini berperan memberikan saran kepada Direktur eksekutif.