Apa yang dimaksud dengan internal product roadmap dan eksternal product roadmap ?

Dalam product roadmap terdapat product roadmap internal dan eksternal. Apa tujuan dan sasarannya? Dan apa yang menjadi pembeda dari kedua product roadmap tersebut?

Perbedaan mendasar dari product roadmap internal dan eksternal terletak pada sasaran dan fungsinya. Internal berarti melibatkan pihak dalam dan eksternal berarti bersasaran pada pihak luar. Pada internal product roadmap, yang menjadi sasaran adalah organisasi yang menjadi pengembang produk dan didalamnya berisi Product Manager, product developer, Tim IT, divisi sales dan marketing serta pihak eksekutif organisasi. Tujuannya adalah untuk memberi penjelasan mengenai produk yang akan dikembangkan, proses dan timeline pengerjaan.

Pada external product roadmap yang menjadi sasarannya adalah customer dan mitra bisnis. Tujuannya adalah untuk memberi tahu customer dan mitra bisnis mengenai produk yang akan dikembangkan berikutnya serta memberi gambaran apa yang harus diekspetasikan dari produk selanjutnya dan juga untuk menerima feedback.

Untuk memudahkan manajer produk dalam mengembangkan product roadmap, ada baiknya product roadmap dipisah antara internal product roadmap dan eksternal product roadmap.

External product roadmap berisi fitur-fitur yang membantu meningkatkan penjualan. Fitur-fitur yang pelanggan akan berikan dana tambahan atau fitur-fitur yang ada yang diinginkan pelanggan untuk ditingkatkan. Ini termasuk fitur yang membuat produk sinkron dengan standar industri yang berkembang, perubahan perangkat keras / perangkat lunak pihak ke-3, dan lainnya. Sedangkan, internal product roadmap berisi masalah yang terjadi produk sebelumnya (kinerja, fitur tidak berfungsi, dan lainnya), perbaikan arsitektur untuk membuat produk terukur, perencanaan produk dan penambahan fitur, dan lain sebagainya.

Sumber :