© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan "Inner Beauty" dalam Perspektif Holistik?

Aspek kecantikan adalah hal yang cukup abstrak untuk digambarkan dan diterima oleh manusia. Seseorang mungkin akan terlihat cantik ataupun menarik bagi sebagian orang, tetapi juga berlaku sebaliknya untuk sebagian orang lainnya. Lalu apa yang dimaksud “inner beauty” bila dilihat dari perspektif holistik?

“Kecantikan fisik tidak akan bertahan, menyusut dan memudar seiring waktu. Everyone is growing old

Kata “Cantik” erat hubungannya dengan perempuan. Kata cantik dan kecantikan memiliki sudut pandang yang berbeda. Kata cantik merupakan kata sifat, yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan tertuju pada apa yang dimiliki oleh seorang perempuan.

“Beauty is a pleasing combination of qualities in a person or object, a particular grace or excellence a beautiful person, esp a woman, good looks. Webster’s New Dictionary And Thesaurus

Cantik adalah gabungan yang menyenangkan dari sifat, mutu kualitas dari seseorang atau objek, keanggunan, hingga para wanita tampak lebih bagus.

Inner beauty (Kecantikan dalam atau kecantikan batin) adalah kecantikan dalam yang terpantul keluar dalam wujud sikap-sikap positif. Wanita yang memiliki inner beauty adalah pribadi yang penuh kharisma yang dalam dirinya terkumpul tiga unsur pembentukan total image, yaitu perilaku (emotional quotient), kepintaran (intellegent quotient) dan kecantikan (gracefull quotient).

Mengingat inner beauty lebih fokus pada kecantikan bagian dalam seorang wanita, maka faktor kepribadianlah yang menjadi modal utama untuk memunculkan inner beauty seseorang.

Kepribadian yang mencerminkan inner beauty menurut Masters memiliki dua aspek yang sangat penting, yaitu :

  1. Self Esteem

    Self esteem merupakan konsep individu tentang dirinya sendiri yang meliputi bagaimana perasaannya tentang diri dan tubuhnya, serta seberapa jauh kepuasan yang didapatkan. Self esteem akan berpengaruh besar terhadap apapun yang dilakukan oleh induvidu. Self esteem dalam bahasa indonesia disebut dengan harga diri. Harga diri merupakan evaluasi positif dan negatif tentang diri sendiri yang dimiliki seseorang.

    Terdapat dua tingkat dan karakteristik self esteem yakni karakteristik self esteem tinggi dan karakteristik self esteem rendah:

    • Karakteristik self esteem tinggi
      Self esteem tinggi cenderung puas dengan karakter dan kemampuan diri. Adanya penerimaan dan penghargaan diri yang positif. Individu dengan self esteem tinggi lebih bahagia dan lebih efektif dalam menghadapi tuntutan lingkungan. Individu dengan self esteem yang tinggi sacara umum memiliki pengetahuan mengenai dirinya yang lebih baik.

    • Karakteristik self esteem rendah
      Menurut Rosenberg, individu dengan self esteem yang rendah sering kali mengalami depresi dan ketidakbahagiaan dan memiliki tingkat kecemasan yang tinggi

  2. Self Confidence

    Kepercayaan diri adalah ekspresi atau ungkapan yang penuh semangat dan mengesankan dalam diri seseorang untuk menunjukkan adanya harga diri, menghargai diri sendiri, dan pemahaman terhadap dirinya sendiri.

kecantikan dalam

Secara keseluruhan, Inner beauty pada dasarnya merupakan gabungan dari beberapa hal positif, diantaranya kematangan kepribadian, keluhuran akhlak, kecenderungan untuk selalu mengembangkan wawasan, kecemerlangan otak, kebersihan jiwa dan sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa inner beauty adalah kecantikan dalam yang terpantul keluar melalui keluhuran akhlak atau tingkah laku, keluasan ilmu dan kecemerlangan otak serta kebersihan hati