Apa yang Dimaksud dengan Individualisme?

Individualisme adalah pola budaya yang ditemukan dalam budaya yang cenderung kompleks, modern, dan toleran terhadap penyimpangan dari norma budaya. Ini ditemukan dengan memeriksa data lintas budaya dan merupakan kebalikan dari kolektivisme.

Pola budaya ini sangat mungkin terjadi di antara individu-individu kaya, baik lintas budaya maupun dalam budaya. Hal ini juga sangat mungkin untuk hadir di antara anggota budaya yang lebih berpendidikan dan banyak bepergian. Di antara mereka yang telah terpapar pada budaya yang sangat heterogen dan beragam. Adapun juga di antara mereka dibesarkan dalam keluarga kecil dalam situasi di mana terjadi perubahan sosial yang cepat dan di perbatasan terbuka. Paparan media buatan Hollywood meningkatkan individualisme karena di media semacam itu penekanannya pada kesenangan dan kesenangan serta jarang membantu pekerjaan seseorang.

Orang-orang dalam budaya seperti itu cenderung menganggap diri mereka tidak bergantung pada kelompoknya. Mereka memprioritaskan tujuan pribadi mereka dan melakukan apa yang mereka suka daripada apa yang harus mereka lakukan.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology