Apa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi Normatif?

Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang memiliki objek pembahasan yang sangat luas.

2 Likes

Ilmu ekonomi normatif, merupakan ilmu ekonomi yang berdasarkan atas suatu penilaian atau value judgement dengan mengajukan pandangan atau pernyataan – pernyataan tentang apa atau bagaimana tentang yang sebaiknya atau seharusnya terjadi atau what ought to be.

Referensi

Pembagian Ilmu Ekonomi menurut Alfred W. Stoiner dan Douglas C. Hagues | Portal-Ilmu.com

Ilmu ekonomi normatif adalah suatu pendekatan atas ilmu ekonomi yang menganalisis hasil perilaku ekonomi, mengevaluasinya apakah baik atau buruk, dan mungkin merumuskan arah tindakan. Ilmu ekonomi normatif sering disebut dengan ilmu ekonomi kebijakan.

Ilmu ekonomi normatif merupapakan bagian dari ilmu ekonomi yang dilihat dari sifat ilmunya. ilmu pengetahuan normatif lebih menitikberatkan apa dan bagaimana seharusnya suatu peristiwa terjadi. Dengan istilah singkat positive science lebih menekankan pada what is dan “tend to be” atau “das sein” sedangkan “normatif science” lebih menitik beratkan pada “what ought to be” atau “das sollen”.

Menurut Samuelson perbedaan utama dalam ilmu pengetahuan, seperti halnya ilmu ekonomi adalah perbedaan antara pertimbangan nilai (value judgment) dan pernyataan aktual. ilmu ekonomi normatif lebih menekankan pada aspek norma, nilai atau etika bagaimana suatu peristiwa seharusnya terjadi.

Contoh ilmu ekonomi normatif:

  1. Sampai berapa jauhkah inflasi dapat diterima?
  2. Haruskah sistem perpajakan diarahkan pada kaidah mengambil dari yang kaya untuk menolong yang miskin?
  3. Manakah anggaran biaya pertahanan negara seharusnya naik 3% atau 5% atau 10% per tahun?

Semua masalah normatif biasanya dipecahkan melalui proses politis. Artinya untuk mengatasi permasalahan normatif dapat dilakukan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan ekonomi.

Referensi
  1. Ahman, Eeng dan Rohmana, Yana. 2009. Modul 1 : Konsep-konsep Dasar Ilmu Ekonomi. Universitas Terbuka.

  2. C Fair. 2007. Prinsip-Prinsip Ekonomi, Edisi Kedelapan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.