Apa yang dimaksud dengan Hukum Pergeseran Asosiatif (Law of Association Shifting)?

image

Hukum pergeseran asosiatif adalah salah satu hukum tambahan kecil E. L. Thorndike (1874-1949) dari hukum efeknya yang mirip dengan prinsip asosiasi stimulus Ivan Pavlov dan juga memiliki beberapa kemiripan dengan prinsip pengkondisian generalisasi.

Hukum pergeseran asosiatif menyatakan bahwa ketika dua rangsangan hadir dan yang satu memunculkan respons, yang lain memiliki kemampuan untuk memperoleh respons yang sama. Hukum ini menjadi aksioma sentral teori pembelajaran kedekatan E. R. Guthrie.

Thorndike menganggap aspek umum dari pengkondisian serupa dengan pergeseran asosiatif di mana terjadinya proses “coba-coba” mungkin tidak diperlukan.

Contoh pergeseran asosiatif adalah pembelajaran oleh seorang anak untuk mendatangi Anda ketika Anda memanggil namanya menggunakan variasi yang berbeda (misalnya, perbedaan dalam nada, pengucapan, intensitas, nada suara, dll.) Dari nama tersebut (dan Anda kemudian memeluk anak tersebut).

Menurut Thorndike, konsep pendukung kepemilikan dan kepuasan beroperasi dalam pergeseran asosiatif, tetapi ilmuwan lain (misalnya, Pavlov, 1927) menganggap hubungan waktu antara peristiwa stimulus-respons semata-mata cukup untuk menetapkan respons terkondisi.

Sumber : Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories. Amsterdam: Elsevier B.V.