Apa yang dimaksud dengan Hukum Bichat?

Dokter, ahli patologi, dan ahli histologi / anatomi Perancis Marie Francois Xavier Bichat (1771-1802) mengemukakan prinsip bahwa ada dua sistem tubuh utama, yang berada dalam hubungan terbalik mengenai perkembangan evolusi ontogenetik, yang disebut vegetatif dan hewan, dengan sistem vegetatif yang menyediakan asimilasi dan augmentasi massa (anabolisme) dan sistem hewan yang menyediakan transformasi dan pengeluaran energi (katabolisme).

Kontribusi utama Bichat pada kedokteran dan fisiologi adalah persepsinya bahwa beragam organ tubuh mengandung jaringan atau membran tertentu, dan dia menjelaskan 21 membran semacam itu, termasuk jaringan ikat, otot, dan saraf. Bichat menegaskan bahwa dalam kasus penyakit di suatu organ, umumnya tidak seluruh organ tetapi hanya jaringan tertentu yang terpengaruh. Bichat tidak menggunakan mikroskop, yang dia tidak percaya, jadi analisis jaringannya tidak memasukkan pengakuan struktur seluler mereka. Bichat menetapkan signifikansi dan sentralitas studi jaringan (“histologi”), dan kepentingannya yang abadi terletak pada penyederhanaan anatomi dan fisiologi dengan menunjukkan bagaimana struktur kompleks organ dapat diperiksa dalam kaitannya dengan jaringan dasar mereka.

Pekerjaan Bichat, dilakukan dengan intensitas tinggi selama tahun-tahun terakhir hidupnya yang singkat (dia melakukan lebih dari 600 post-mortem), memiliki banyak pengaruh dalam ilmu kedokteran, dan dia membentuk jembatan antara patologi organ sebelumnya dari Giovanni Battista Morgagni (1682-1771 ) dan patologi sel selanjutnya dari Rudolf Ludwig Carl Virchow (1821-1902)

Sumber

Roeckelein, J. E. (2006). Elsevier’s Dictionary Of Psychological Theories . Amsterdam: Elsevier B.V.