© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Hipokondria (Kecemasan yang Berlebihan)?

Kecemasan berlebihan bisa dikatakan hipokondria bila berlangsung dalam jangka waktu lama. Jika kecemasan ini sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka ia bisa digolongkan sebagai gangguan psikologis.

Menurut Kartini-Kartono, beberapa gangguan jiwa yang disebabkan oleh kecemasan antara lain:

a. Psikoneurosa

Psikoneurosa ialah sekelompok reaksi psikis dengan adanya ciri khas yaitu kecemasan, dan secara tidak sadar ditampilkan keluar dalam berbagai bentuk tingkah laku dengan jalan menggunakan mekanisme pertahanan diri (defence mechanism).

b. Histeria

Histeria ialah gangguan psikoneurotik dengan ciri emosionalitas yang ekstrim, dan kecemasankecemasan. Pada umumnya gejala histeria muncul disebabkan oleh usaha represi atau pendesakan terhadap macam-macam konflik internal. Ditambah dengan adanya disiplin keluarga dan kebiasaan hidup yang salah, serta menggunakan deffence mechanism yang negatif serta maladjustment; yaitu cara penyesuaian diri yang salah, sehingga menimbulkan semakin banyak kesulitan.

c. Somnabulism

Somnabulisme ialah tidur berjalan; ada kondisi yang membatasi penderita tidur sambil berjalan dan berbuat salah, seperti dalam keadaan trance.

d. Hipokondria

Hipokondria ialah kondisi kecemasan yang kronis dan penderitanya selalu merasakan ketakutan dan kecemasan yang patologis terhadap kesehatan badan sendiri. Pasien merasa yakin benar bahwa dirinya mengidap penyakit yang serius. Setiap simptom kesakitan sekecil-kecilnya dirasakan sebagai suatu bencana luar biasa yang akan melanda dirinya. Dia merasa cemas kalau semua penyakit tadi menyebabkan kematiannya. Sebabsebab hipokondria adalah konflik-konflik intrapsikis yang sudah lama, kronis, dan tidak bisa diselesaikan oleh si penderita.