Apa yang dimaksud dengan harmoni?

Ada beberapa unsur yang membentuk seni musik, salah satunya adalah hermoni. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan harmoni?

Harmoni merupakan keselarasan paduan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. harmoni memiliki elemen interval dan akor. interval merupakan susunan tiga nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis, sedangkan akor akan mengiringi melodi. tanpa akor akan kehilangan separuh nyawa dan tidak akan terdengar harmonis.

Bisa diibaratkan bahwa melodi akan memenuhi komposisi seni musik secara horizontal, sedangkan harmoni akan memenuhi aspek yang berhubungan dengan nada-nada secara vertikal. peranan harmoni akan terlihat ketika seorang penyanyi membawakan sebuah lagu yang diiringi menggunakan instrumen musik. Jika terdengar indah maka dapat diartikan lagu tersebut berhasil dibawakan dengan baik, karena memiliki paduan bunyi yang selaras antara penyanyi dan instrumen musik yang digunakan.

Harmoni secara praktis merupakan susunan dua atau tiga buah nada yang berbeda tinggi atau rendahnya yang dibunyikan secara bersamaan (akord). Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan Khodijat (1986) bahwa harmoni juga pengetahuan tentang hubungan nada- nada dalam akord serta hubungan antara masing-masing akord. Sementara menurut Harry Suwarto dkk (1996) harmoni dalam seni musik dapat diartikan sebagai susunan atau gerak perpindahan nada- nada dalam keseimbangan.

Menurut Jamalus (1988) trinada atau akord adalah gabungan tiga buah nada yang terbentuk dari salah satu nada dengan nada terts atau nada ketiga nada kwint atau nada kelima, dapat juga dikatakan terts tersusun. Sedangkan menurut Mudjilah (2004) istilah akord dapat terdiri dari empat buah nada atau bahkan lebih, sedangkang akord yang hanya terdiri dari tiga buah nada disebut triad. Triad disusun oleh tiga buah nada yang terdiri atas nada alas (root), nada ketiga (terts), dan nada kelima (kuint). Terts dan kwint adalah istilah yang sering di jumpai dalam interval atau jarak nada.

Susunan dan nama-nama interval tersebut adalah sebagai berikut:

image

Adapun Akord dalam musik dibagi menjadi dua yaitu trina mayor ( akord Mayor) dan trinada minor (akord minor). Berikut adalah Trinada beserta Tingkatannya :

1). Trinada Mayor (akord Mayor berdasarkan tangga nada c mayor)
image
2) Trinada minor (akord minorr berdasarkan tangga nada a minor).
image
Nama-nama tingkatan dari bawah keatas adalah tonika, supertonika, median, sub dominan, dominan, sub median, dan sub tonika (laeding not). Nama- nama tersebut berlaku untuk tangga nada mayor dan tangga nada minor.