Apa yang dimaksud dengan Glukagon?

Glukagon

Glukagon adalah hormon yang disekresi oleh sel-sel alfa Langerhans kelenjar pankreas, mempunyai kerja yang berlawanan dengan insulin, yaitu meningkatkan pemecahan glikogen hati sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Apa yang dimaksud dengan Glukagon ?

Glukagon adalah hormon yang dihasilkan oleh sel α pulau pankreas. Sekresinya dirangsang oleh hipoglikemia. Di hati, glukagon merangsang glikogenolisis dengan mengaktifkan fosforilase. Glukagon juga meningkatkan glukoneogenesis dari asam amino dan laktat.


Gambar Rantai Kimia Glukagon

Hormon ini membantu pelepasan glukosa ke aliran darah yang semula tersimpan di hati.

Suatu polipeptida rantai lurus dengan 29 residu asam amino. Hormon ini digetahkan oleh pankreas dan menyebabkan kenaikan pemecahan glikogen yang tersimpan dalam sel hati menjadi glukosa. Glukagon merupakan hormon katabolik yang membatasi sintesis makromolekul sel dan mengakibatkan penyimpanan bahan bakar yang berlebihan. Hormon peptide ini berperan dalam perubahan bentuk tak aktif enzim (fosforilase B ) menjadi enzim fosforilase aktif (fosforilase a) setelah difosforilase oleh ATP.


Gambar Peran Glukagon dalam tubuh

Glukagon berfungsi untuk mempertahankan ketersediaan bahan bakar apabila tidak tersedia glukosa makanan dengan merangsang pelepasan glukosa dari glikogen hati. Glukagon merangsang glukoneogenesis dari laktat, gliserol, dan asam amino, dan, bersama dengan penurunan insulin, glukagon memobilisasi asam lemak dari triasilgliserol adiposa sebagai sumber bahan bakar alternatif. Bekerja terutama di hati dan jaringan adiposa dan hormon ini tidak memiliki pengaruh terhadap metabolisme otot rangka (Cranmer et al., 2009).

Pelepasan glukagon dikontrol terutama melalui supresi oleh glukosa dan insulin. Kadar terendah glukagon terjadi setelah makan makanan tinggi karbohidrat. Karena semua efek glukagon dilawan oleh insulin, perangsangan pelepasan insulin yang disertai tekanan sekresi glukagon oleh makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan protein yang terintegrasi (Cranmer et al., 2009).

Glukagon

Glukagon disintesis oleh sel α pada pankreas endokrin yang terdiri dari kelompok mikroskopis kelenjar kecil, atau pulau Langerhans, tersebar di seluruh pankreas eksokrin. Hormon tertentu merangsang glukagon seperti katekolamin, kortisol, dan hormon saluran cerna tertentu (Aswani, 2010 ).