© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Framing effects?

Framing effects

Framing effects Penyimpangan dalam pengambilan keputusan dalam bentuk keputusan yang tergantung pada bagaimana cara pilihan itu disajikan; misal sebagai pilihan loss atau sebagai gain , dan bukan pada value yang terkait. Pola dari framing effects adalah bahwa individu cenderung menghindari risiko ketika keputusan dikemas sebagai pilihan antar gains (frame positif), namun cenderung mengambil risiko ketika dihadirkan sebagai pilihan antar losses (frame negatif).

Robbins dan Judge (2011) menyatakan bahwaframing effect adalah suatu cara mengelola makna dengan menggunakan bahasa. Framing effect melibatkan pemilihan dan penekanan satu atau lebih aspek suatu subjek dengan mengabaikan yang lain.

I Wayan Suartana (2010) menjelaskan bahwa framing effect adalah efek pada penilaian yang dibuat pengambilan keputusan karena cara penyampaian informasi. Informasi yang sama jika disampaikan dengan cara yang berbeda akan menimbulkan penilaian yang berbeda.

Berdasarkan berbagai definisi para ahli mengenai framing effect, dapat disimpulkan bahwa framing effect terjadi karena penyajian yang berbeda terhadap cara, format atau penekanan hal-hal tertentu sebuah informasi yang menyebabkan perbedaan efek penilaian oleh pengambil keputusan.

Menurut Wu dan Cheng (2011) mengatakan bahwa framing effect terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Attribute Framing
    Terjadi ketika penilaian individu bervariasi sebagai fungsi dari label yang digunakan untuk menggambarkan atribut dari objek tertentu.
  2. Goal Framing
    Pesan persuasif sebagai bingkai untuk menekankan konsekuensi positif atau negatif dari perlakuan suatu tindakan atau tidak.
  3. Risky Choice Framing Effects
    Terjadi ketika pilihan berisiko dan pilihan tanpa risiko sebesar nilai yang diharapkan, ini tergantung pada apa pilihan yang dijelaskan dalam istilah positif atau negatif.

Sedangkan Menurut Levin et al (1998) dalam Pandora dkk (2012) mengatakan bahwa framing effect juga terbagi menjadi tiga jenis tetapi dengan pengertian yang berbeda dari pendapat Wu dan Cheng (2011), yaitu:

  1. Attribute Framing
    Efek yang mempengaruhi evaluasi karakteristik objek atau kejadian.
  2. Goal Framing
    Efek yang mempengaruhi persuasi dari komunikasi.
  3. Risky Choice Framing Effects
    Efek untuk menggambarkan bagaimana valensi mempengaruhi keinginan dalam pengambilan resiko.