Apa yang dimaksud dengan Eksposisi dalam Drama?

image

Eksposisi dalam drama adalah lakon atau plot dimulai dengan suatu insiden yang mengawali adanya konflik.

Apa yang dimaksud dengan Eksposisi dalam Drama ?

1 Like

Eksposisi adalah awal dari sebuah naskah drama. Awal sebuah drama menunjukkan ruang, waktu, karakter, suasana hati dan tingkat kenyataan atau kemungkinannya. Semua ini menggiring plot ke arah titik dimana konflik dan persoalan menjadi jelas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis bagian eksposisi pada naskah drama adalah sebagai berikut :

  1. Sebuah drama akan dimulai dengan ruang, waktu dan tokoh yang tidak dikenal. Sesuatu yang baru, pada awalnya, sebaiknya merebut perhatian, akan tetapi, seperti halnya fakta yang ada di masyarakat dan tempat itu diungkapkan, perhatian pada keduanya akan menurun atau semakin meningkat.

  2. Pengarang dihadapkan pada dua masalah: ia harus memberikan informasi pokok, tetapi pada waktu yang bersamaan memberi harapan agar pembaca dapat mengikuti kelanjutannya.

  3. Awal sebuah drama berisikan eksposisi atau seting yang erat hubungannya dengan informasi tentang latar belakang (kejadian sebelumnya, identitas tokoh dan situasi saat itu). Eksposisi diperlukan untuk mengawali adegan dan muncul secara perlahan – lahan.

  4. Kegunaan eksposisi sebagian besar ditentukan oleh point of attack atau suatu momen yang memulai cerita. Terkadang point of attack muncul lebih awal. Namun ada yang muncul secara perlahan dan lebih dinarasikan daripada diadegankan.

  5. Eksposisi berisikan insiden yang menggugah yang akan menuju pada urutan pertanyaan-pertanyaan dramatik atau benang merah, spine, yang mengikat kejadian secara bersamaan, sebagai bagan pengorganisasian struktur naskah.